Hubungan Persepsi Guru Dalam Pembelajaran Tatap Muka Dengan Kemandirian Pada Anak Usia 5-6 Tahun

  • Nurhenti Dorlina Simatupang
    (ID)
  • Indarwati Sholikhah Universitas Negeri Surabaya
    (ID)

Abstrak

Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan antara persepsi guru dalam pembelajaran tatap muka dengam kemandirian anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yaitu kuantitatif korelasional. Penelitian terdiri dari variabel bebas (independen), yakni persepsi guru dan variabel terikat (dependen) yakni kemandirian anak. Populasi penelitian ialah  seluruh guru TK di kecamatan Waru, kabupaten Sidoarjo berjumlah 464. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling, dimana pemilihan sampel dilakukan sesuai kriteria yang ditentukan, yaitu sekolah dengan akreditasi mininal B dan guru yang mengajar di kelas TK B. Sampel yang didapatkan sejumlah 70. Metode survei dalam bentuk google form atau kuesioner adalah teknik pengumpulan data yang digunakan. Teknik Analisis data terdiri dari: uji validitas dengan rumus Product Moment, uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach dan uji korelasi dengan rumus Perason Correlation. Perhitungan dengan rumus perason correlation bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak hubungan signifikan antara persepsi guru dengan kemandirian anak. Berdasarkan perhitungan uji korelasi, didapatkan r hitung 0,471 dan r tabel dengan taraf signifikan 5% = 0,198,  dengan kata lain  r hitung > r tabel (0,471> 0,198) maka bisa disimpulkan terdapat hubungan cukup kuat antara persepsi guru dengan kemandirian anak.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 68 times