Pengembangan Media Alphabet Tracking Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Anak Kelompok B
Abstrak
Pendidikan anak usia dini sangat penting bagi anak usia 0-8 tahun, berfokus pada perkembangan fisik, kecerdasan, berpikir, kreativitas, emosional, spiritual, bahasa/komunikasi, dan sosial. Mengajar menulis sejak usia muda sangat penting untuk komunikasi manusia. Namun, lebih dari 75% anak di kelompok B mengalami kesulitan dalam keterampilan menulis karena media pembelajaran tradisional sehingga menyebabkan kebosanan dan malas menyelesaikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui media Alphabet Tracking Board meningkatkan kemampuan menulis pada anak kelompok B. Kegiatan belajar untuk anak usia dini biasanya melibatkan bermain. Kegiatan menulis merupakan dasar komunikasi manusia, maka dari itu kemampuan menulis sangat penting diajarkan sedari dini. Jika anak tidak dapat memahami huruf dengan baik, maka akan menghambat interaksi dengan individu atau kelompok lain. Namun faktanya observasi pada 7 anak di Tk garuda sakti dan 15 anak Tk Paramadinah kelompok B menunjukan bahwa kemampuan menulis belum berkembang. Maka dari itu, peneliti membuat trobosan baru berupa media Alphabet Tracking Board. Media Alphabet Tracking Board sangat tepat digunakan dalam penelitian ini karena bahan dasarnya yaitu kayu jati mudah ditemukan di wilayah yang akan diteliti. Media Alphabet Tracking Board ini merupakan inovasi baru pengembangan media untuk meningkatkan kemampuan menulis anak. Media ini dibuat melalui pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil validasi, persentase kelayakan media Alphabet Tracking Board adalah 91,34%, yang masuk dalam pencapaian kriteria 81,00% - 100% menunjukkan bahwa media tersebut sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).