DETEKSI DINI PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN BERDASARKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pencapaian anak usia 4-5 tahun berdasarkan standar pendidikan nasional PAUD dan melakukan deteksi dini terhadap hambatan pencapaian perkembangannya. Penelitian ini merupaan penelitian kualitatif jenis dekriptif dengan subjek penelitian tiga anak. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan beberapa rangkaian stimulus untuk mendukung munculnya respon pencapaian perkembangan yang hendak diukur yakni aspek nila agama-moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni. Data yang sudah terangkum dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek (Ak, Mf dan Pr) sudah mampu melaukan beberapa indikator pencapaian yang terdapat dari beberapa aspek perkembangan ana usia dini. Implikasi penelitian ini hendaknya diberikan stimulus secara simultan pada indikator yang belum tercapai. Pola asuh dan pemberian stimulus dari keluarga dan lingkungan sekitar.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Chamida, A, N. (2009). Deteksi dini gangguan pertumbuhan da perkembangan anak. Jurnal pendidikan khusus, Vol 4, No 3. Universitas Negeri Yogyakarta. http://www.academia.edu/download/37343287/deteksi_dini_gangguan_tumbang.pdf
Desminata. (2015). Psikologi Perkembangan. Cet X; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hakim, L, N. (2013). Ulasan metodoligi kualitatif: Wawancara terhadap elit. Jurnal Aspirasi, Vol. 4, No. 2 Desember. http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/501/397
Latif, M., Zubaidah, R., Afandi, M. & Zukhairina. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Musfah, Jejen. (2012). Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Jakarta: Kencana.
Nuraini. (2013). Peran Orang Tua dalam Penerapan Pendidikan Agama dan Moral Bagi Anak. Jurnal Muaddib, Vol 03 No 01 Januari-Juni. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Saat, Sulaiman. Mania, Sitti. (2018) Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula. Makassar: Sibuku.
Sit, Masganti. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Sudirjo, Encep dan Alif, M. N. (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gerak Manusia. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta. Kencana.
Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).