PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MTS PESANTREN PONDOK MADINAH MAKASSAR
Abstract
Abstract: Time Management and Learning Motivation Affection on Student Achievement at MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar
The objectives of this study were: (1) to describe time management on student achievement; (2) To present learning motivation on student achievement; and (3) To determine whether time management and learning motivation affect student achievement at MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar. This research adopted quantitative research with ex post facto research method. The population in this study was 69 students at MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar, which were sampled with the saturated sample technique. The Obtained data from questionnaires and documents were analyzed using descriptive and inferential statistics, namely simple and multiple linear regression analysis techniques. The Result revealed that (1) The reality of time management of students at MTs Pondok Madinah Islamic Boarding School Makassar was in the high category of 52.2%, with 36 respondents at intervals of 66-75; (2) The reality of students' learning motivation at MTs Pondok Madinah Islamic Boarding School Makassar was in the high category of 49.3%, with 34 respondents with an interval of 71-80; (3) There was no significant effect between time management and learning motivation on learning achievement at MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar which is presented in the Anova table obtained, F_count = 0.454 with a Sig value of 0.637, with a value of F_table = 2.24. This shows that F_count < F_table (0.454 < 2.24) and the value of Sig 0.05 (0.637 0.05), In association with the comes about of inquiry that had been carried out, the suggestions of this inquiry could have been utilized as reference fabric or writing that not all learning accomplishment was affected by time administration and learning inspiration. Still, numerous components could have been used as references in making strides in understudy learning accomplishment.
Abstrak: Pengaruh Manajemen Waktu dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar
Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk memperoleh gambaran mengenai manajemen waktu terhadap prestasi belajar peserta didik; 2) Untuk memperoleh gambaran mengenai motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik; dan 3) Untuk menganalisis adakah pengaruh manajemen waktu dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik di MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik di MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar, yang berjumlah 69, yang disampel dengan teknik sampel jenuh, yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, sehingga diperoleh sampel 69 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi sehingga diperoleh data yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, yaitu teknik analisis regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian ini melahirkan kesimpulan, yaitu: (1) Realitas manajemen waktu peserta didik di MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar berada pada kategori tinggi sebesar 52,2%, dengan banyak responden 36 orang pada interval 66-75; (2) Realitas motivasi belajar peserta didik di MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar berada pada kategori tinggi sebesar 49,3%, dengan banyak responden 34 orang dengan interval 71-80; (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen waktu dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar di MTs Pesantren Pondok Madinah Makassar yang disajikan pada tabel Anova diperoleh, = 0,454 dengan nilai Sig 0,637, dengan nilai = 2,24. Hal ini menunjukkan bahwa < (0,454 < 2,24) dan nilai Sig > 0,05 (0,637 > 0,05). Sehubungan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka implikasi penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi atau literatur bahwa tidak semua prestasi belajar dipengaruhi oleh manajemen waktu dan motivasi belajar, namun banyak faktor yang bisa menjadi acuan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
References
Danial, D., & Damopolii, M. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan Antara Iklim dan Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. 14(1), 60–72.
Dimyati, & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Febriani, E. (2012). Kreativitas Siswa dalm Membagi Waktu Belajar Hubungannya dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pelopor Pendidikan, 3(1), 50–56.
Fitriani. (2018). Pengaruh Manajemen Waktu Dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), 126–134.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.
Putri, D. T. N., & Isnani, G. (2015). Pengaruh Minat dan Motivasi terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 118–124.
Rahman, D., & Husain, A. (2020). Motivasi Kerja Guru: Hubungan Realitas Iklim dan Budaya dengan Motivasi Kerja Guru Madrasah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
Timpe, A. D. (2002). Seri Sumber Daya Manusia Mengelola Waktu. Jakarta: Gramedia.
Yunus, N. M. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik di SMP Negeri 1 Tanete Riaja Kabupaten Barru. Tesis Magister Universitas Islam Negeri Makassar).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).