PENGARUH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN
Abstrak
Abstrak: Pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia dan Manajemen Sarana dan Prasarana terhadap Mutu Pendidikan
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh manajemen sumber daya manusia dan manajemen sarana dan prasarana terhadap mutu pendidikan di SMP Negeri se-Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri se-Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone yang berjumlah 71 orang menjadi responden penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda serta melakukan uji determinasi untuk menguji besarnya pengaruh yang dihasilkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh manajemen sumber daya manusia secara signifikan terhadap mutu sebesar 68,6%; 2) terdapat pengaruh manajemen sarana dan prasarana secara signifikan terhadap mutu pendidikan sebesar 70,4%; dan 3) terdapat pengaruh manajemen sumber daya manusia secara bersama-sama dengan manajemen sarana dan prasarana terhadap mutu pendidikan sebesar 76,3% di SMP Negeri se-Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone.
Referensi
Agustina, Ramli, M., & Syamsudduha, S. (2020). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Bulukumba. Journal of Islamic Education Management, 6(1), 13–26. https://doi.org/10.19109/elidare.v6i1.5715
Ariyani, R. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SLB Buah Hati Kota Jambi. Jurnal Al-Afkar, 6(2), 110–128. https://doi.org/10.32520/afkar.v6i2.239
Ayuningsih, R., Muhtarom, & Ngarifin, S. Al. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Pelita Gedong Tataan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 3(1), 24–31. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v3i1.31
Barnawi, & Arifin, M. (2013). Mengelola Sekolah Berbasis Enterpreneurship. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Danial, D., & Damopolii, M. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan Antara Iklim dan Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. 14(1), 60–72. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i1.8357
Er, L. V. M., & Rahman, D. (2019). Kinerja Pegawai (Analisis Komparatif Berdasarkan Gender) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone. Manajemen Pendidikan, 14(2), 137–143. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9165
Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., Ramadiani, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 81–88. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.28997
Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. (Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, E. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslimin, T. A., & Kartiko, A. (2021). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan di Madrasah Bertaraf Internasional Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 75–87. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.30
Primayana, K. H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2), 7–15. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.45
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Riani, A. L. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Masa Kini. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Salahudin, Akos, M., & Hermawan, A. (2018). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Sumber Daya Manusia dan Sarana Prasarana di MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 2(1), 1–13. https://ejournal.stiabinabanuabjm.ac.id/index.php/administraus/article/download/18/9
Samsiah, Ibrahim, M. M., & Musdalifah. (2018). Partisipasi Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MadrasahIbtidaiyah Maroanging Kabupaten Bulukumba. Journal of Islamic Education Management, 4(2), 171–181. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/3646/2413
Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Yamin, M., & Maisah. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Yulius, M. (2020). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Sarana dan Prasarana Pada SMK Negeri 1 Singkawang. Jurnal Ilmiah Kependidikan, XIII(2), 246–255. https://doi.org/10.30595/jkp.v13i2.6982
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).