PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAHDAN PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen berbasis sekolah dan partisipasi komite sekolah terhadap mutu pembelajaran di MA YPUI Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Jumlah populasi penelitian yakni 21 dengan teknik sampel jenuh karena populasi < 100. Pengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi kemudian diolah dengan analisis deskriptif dan inferensial. hasil regresi sederhana antara MBS-mutu pembelajaran menghasilkan thitung = 5,497 ttabel = 2.093, artinya penerapan MBS memengaruhi mutu pembelajaran, sementara itu partisipasi komite-mutu pembelajaran diperoleh = 5,339 = 2.093, artinya partisipasi komite sekolah mempengaruhi mutu pembelajaran, serta hasil regresi berganda dari ketiga variabel diperoleh Fhitung= 21,593 Ftabel= 3.59, dan thitung MBS = 2,544, thitung partisipasi komite = 2.093 = 2.093, ini berarti terdapat pengaruh penerapan manajemen berbasis sekolah dan partisipasi komite sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran di MA Plus YPUI Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah secara bersama-sama. Penerapan manajemen berbasis sekolah yang dilakukan dengan baik serta didukung partisipasi aktif dari komite sekolah akan memberikan dampak yang lebih baik pada peningkatan mutu pembelajaran. Kolaborasi aktif dari semua pihak diharapkan dapat tercipta guna menciptakan mutu pembelajaran yang lebih baik yang akan berdampak pada mutu pendidikan.
Referensi
Ardiansyah, D., Mujakir, & Fathan, A. R. (2018). Manajemen Berbasis sekolah: Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud.
Basith, A., & Rahmawati, I. (2020). Pengaruh Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Sarana Prasarana Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i1.8611
Elfita, Y. (2011). Pengaruh Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Kurikulum IPS Terpadu terhadap Kemampuan Afektif Siswa SMPN 5 Rambah Hilir Rokan Hulu (Vol. 11, Issue 2). https://doi.org/10.16194/j.cnki.31-1059/g4.2011.07.016
Fauziah, S. (2022). Pengaruh Peran Komite Sekolah terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Universitas Sultan Agung Tirtayasa, 9(2), 91–99. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/21409/0
Hamid, H. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 87–96. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.86
Ibrahim, A. D. (2018). Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.
Indraningrum, E. (2018). Peran Kepala Sekolah dan Partisipasi dari Masyarakat dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah unruk Mewujudkan Kualitas Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v3i1.2826
Indrawati, L. (2014). Belajar Siswa Di Sma Negeri 5 Konawe Selatan Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Qaimuddin Kendari.
Ningsih, K. D. (2021). Pengaruh Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3921
Nurhayati. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nurkolis. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Putri, M. A. U. (2021). Implementasi Mutu Pembelajaran di MTs Negeri 2 Bandar Lampung Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung. In UIN Raden Intan Lampung (Vol. 3, Issue 1). UIN Raden Intan Lampung.
Razak, A. R. (2013). Peran Serta Masyarakat Dalam Pendidikan. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(1), 179–188. https://doi.org/10.26618/ojip.v3i1.54
Rusman. (2012). Model-model pembelejaran pengembangan profesionalisme guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sagala, S. (2013). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharda, D. (2010). Supervisi Profesional Layanan dalam Meningkatkan Mutu pengajaran di Era otonomi Daerah. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, & Budimansyah. (2014). Pendidikan Nasional Menuju Masyarakat Indonesia Baru. Bandung: Grasindo.
Waluyo, G. E., & Hadi, S. (2014). Pengaruh Penerapan MBS, Pengelolaan Pembelajaran dan Partisipasi Komite Sekolah terhadap Mutu Pendidikan Sd/Mi. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(2), 159–173. https://doi.org/10.21831/amp.v2i2.2446
Winoto, S. (2021). Komite Sekolah/Madrasah dan Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Bildung Nusantara.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).