PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU

  • Emilia Febriyanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Amri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baharuddin Baharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Danial Rahman Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Chaeriyah Mamuju
    (ID)

Abstract

Abstrak: Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 102 orang guru dengan teknik penentuan sampel menggunakan simple random yang ditentukan sebesar 50% dari populasi diperoleh 51 orang guru. Metode pengumpu­lan data yang digunakan adalah menyebar angket/kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui analisis regresi linear sederhana dan regresi linear berganda kemudian menguji koefisien determinasinya. Hasil penelitian membuktikan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kinerja yang dihasilkan oleh guru di MTs Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone ditentukan oleh kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerjanya. Dengan demikian, kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi kerja perlu ditingkatkan agar semakin berkontribusi positif terhadap kinerja guru.

References

Abdullah, I. D. P. (2018). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Bama Berita Sarana Televisi ( BBSTV Surabaya ). Journal of Business and Innovation Management, 1(1), 82–94.

Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45.

Baihaqi, M. I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Ma Ma’Arif Selorejo Blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 7(2), 97–106. https://doi.org/10.30957/konstruk.v7i2.14

Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019a). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12

Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019b). Hubungan Antara Iklim dan Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. 14(1), 60–72. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i1.8357

Gibzon. (1985). Organisasi (Kelima, Te). Jakarta: Erlangga.

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342

Karweti, E. (2010). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 73–84. http://www.jurnal.upi.edu/file/8_Engkay_Karweti.pdf

Manik, E., & Bustomi, K. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 5(2), 97–107. http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/12

Mardhiah, M. (2021). Pengaruh Tanggung Jawab Profesi, Komitmen Mengajar, Motivasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Efektivitas Kinerja Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 83. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.21156

Mulyasa, E. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraheni, A. S., & Khanifah, S. (2016). Peran Kepala Madrasah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 15–23. https://doi.org/10.12928/jpsd.v3i1.5484

Rahman, D., & Husain, A. (2020). Motivasi Kerja Guru: Hubungan Realitas Iklim dan Budaya dengan Motivasi Kerja Guru Madrasah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Rukmana, A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(1), 81–98. https://doi.org/10.32670/coopetition.v9i1.54

Sonedi. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Guru. Pendidikan, Pedagogik Jurnal, 11(2), 134–145.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafrida. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Manajer Pendidikan, 9(5), 679–685. https://doi.org/10.21009/jmp.08117

Wahab, A. A. (2008). Anatomi Organisasi Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Published
2022-03-29
Section
Vol 1 No 2
Abstract viewed = 473 times