EFEKTIVITAS PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Data diperoleh berdasarkan hasil kajian literatur dari berbagai sumber. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis isi (content analysis) atau analisis secara mendalam berkaitan dengan fokus kajian, yaitu pengertian, tujuan, jenis dan pendekatan, proses, serta efektivitas pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Data yang diperoleh kemudian diinterpretasikan dengan metode deskriptif kualitatif. Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di lembaga pendidikan merupakan usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Pelatihan dan pengembangan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kompetensi dan produktivitas sumber daya manusia. Hal tersebut menjadi sangat penting karena kemajuan teknologi, persaingan dan tuntutan pekerjaan. Pengembangan dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan. Program pelatihan dilakukan dengan metode on the job training dan off the job training. Pelatihan dan pengembangan harus dilakukan secara efektif agar hasil yang diberikan berpengaruh secara signifikan terhadap lembaga dan pengguna jasa. Efektivitas pelatihan dan pengembangan diketahui melalui evaluasi. Oleh karena itu, evaluasi harus dilakukan sebelum, pada saat dan setelah pelaksanaan pelatihan dan pengembangan. Efektivitas atau keberhasilan pelatihan dan pengembangan dapat dilihat dari penambahan pengetahuan, perubahan perilaku dan perbaikan terhadap lembaga. Efektivitas pelatihan dan pengembangan di lembaga pendidikan dapat diketahui dengan peningkatan kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, peningkatan prestasi peserta didik dan pencapaian standar nasional pendidikan.
Referensi
Anggara, R., & Chotimah, U. (2012). Penerapan Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PKn SMP Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial, 5(2), 188–197. http://eprints.unsri.ac.id/1421/
Ayuningtyas, A. E., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Evaluasi Program Pelatihan In House Training (IHT) di Sekolah Dasar Swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 171. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p171-183
Djafri, N. (2016). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah: Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi. Deepublish.
Fadlilah, A. N., & Masfiah, S. (2021). Implementasi Strategi Marketing Mix Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Tk Al Huda Kota Malang. Journal Evaluasi, 5(1), 148–165. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.575
Firmansyah, T., Mustiningsih, M., & Sunandar, A. (2020). Proses Manajemen Peserta Didik di SMA Binaan Universitas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11), 1623–1629. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14179
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Khatimah, N. H., Kurniasi, A. Z., Rahman, D., & Nursita, L. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 3(1), 39–54. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/nazzama/article/view/40058
Latifah, N. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 175–183. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1307
Manueke, T., Rawis, J. A. ., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. J. (2021). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 70. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2.115416
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467
Muhajirin, M., Prihatin, T., & Yusuf, A. (2017). Pengaruh Supervisi Akademik dan Partisipasi Guru pada MGMP Melalui Motivasi Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMA/MA. Educational Management, 6(2), 170–177. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/22783
Nasmin, A. ur A., Arifin, N., & Rahman, D. (2023). Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Nazzama: Journal of Management Education, 3(1), 97–108. https://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/16261
Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99
Pasaribu, V. L. D., & Prayoga, M. Y. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Baju Batik Hem Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Home Industri Batik Sahara Indah. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 77. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v2i2.2461
Peraturan Pemerintah RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional.
Rosfiani, O., Hermawan, C. M., Abdullah, S., Zahraningtyas, F., & Fitriani, S. (2023). Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah dalam Lingkungan Kementerian Agama. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9), 1992–1999. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i9.456
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT. Kanisius.
Suwardi, & Daryanto. (2017). Manajemen Peserta Didik. Gava media.
Utari, L., Kurniawan, & Fathurrochman, I. (2020). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik Autis. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 75–89.
Widiansyah, A. (2019). Pengendalian Mutu: Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia, Optimalisasi Fungsi Pengendalian Dalam Dunia Pendidikan. Cakrawala, Jurnal Humaniora, 19(1), 21–26.
Wolio, A., Saidah, U., & Rajab, L. (2022). Hubungan Implementasi Biaya Pendidikan Gratis dengan Minat Belajar Siswa. PEDAGOGIC: Indonesian Journal of Science Education and Technology, 1(1), 12–26. https://doi.org/10.54373/ijset.v1i1.58
Zulaikah, Nurwahidin, M., & Riswandi. (2022). In House Training (IHT) sebagai upaya peningkatan kinerja guru. Teknologi Pendidikan, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.24
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).