KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dan pengaruhnya terhadap karakter peserta didik pada SMA Negeri 1 Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Pendekatan keilmuan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis dan psikologis. Populasi penelitian berjumlah 716 orang peserta didik dengan teknik penentuan sampel menggunakan probability sampling yang ditentukan sebesar 50% dari populasi sehingga diperoleh sampel sebanyak 180 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengukur masing-masing variabel adalah angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui analisis regresi linear sederhana kemudian menganalisis kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap karakter peserta didik melalui uji determinasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap karakter peserta didik sebesar 9,1% di SMA Negeri 1 Bone dengan persamaan regresi yang dihasilkan Y = 59,370 + 0,416X. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa terbentuknya karakter peserta didik tidak terlepas dari kontribusi kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan.
Referensi
Armalena, & Jasti, A. (2020). Pengaruh Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah. Kajian Dan Pengembangan Umat, 3(1), 84–97.
Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45.
Bahruddin, E., Rubayah, D. W., Asmahasanah, S., Ibn, U., & Bogor, K. (2019). Peran Kepemimpinan dalam Mengembangkan Karakter Kepercayaan Diri Peserta Didik untuk Berbisnis. 10(1), 51–59.
Batubara, R., Rusdinal, & Gistituati, N. (2021). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar dalam Membentuk Karakter Warga Sekolah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2993–2999. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Faisal R, M., Syamsudduha, S., & Ahmad, D. (2021). Pengaruh Kompetensi Manajerial dan Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Kuttab Imam Malik Kota Makassar. Nazzama: Journal of Management Education, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.24252/jme.v1i1.25184
Febriyanti, E., Amri, M., Baharuddin, & Rahman, D. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru. Nazzama: Journal of Management Education, 1(2), 171–181. https://doi.org/10.24252/jme.v1i2.25908
Irawati, D. (2011). Perkembangan Teori Kepemimpinan: Suatu Tinjauan Pustaka. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1).
Kadarman, A. ., & Udaya, Y. (2001). Pengantar Ilmu Manajemen. Jakarta: Prenhalindo.
Mushthofa, A., Khizbullah, M. A., & Ramadhani, R. A. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Karakter Siswa Berbasis Profesionalisme Guru. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i1.81
Qamar, M. (2017). Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ribuwati. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Belintang Kabupaten Oku Timur. Tesis: Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zuryati, AR, D., & Usman, N. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SDN 7 Muara Dua Lhoksuemawe. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(2), 38–48. https://media.neliti.com/media/publications/74105-ID-gaya-kepemimpinan-kepala-sekolah-dalam-m.pdf
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).