PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENINGKATAN PRESTASI SANTRIWATI DI SEKOLAH PUTRI DARUL ISTIQAMAH MAROS

  • Azizul Hakim Karantina Tahfizh Nasional Darul Istiqamah Makassar
    (ID)
  • Erwin Hafid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhaemin Latif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan, Karakter, Prestasi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih jauh bagaimana Sekolah Putri Darul Istiqamah (SPIDI) Maros merencanakan, menyusun, melaksanakan, dan memantau strategi manajemen pendidikan untuk pengembangan karakter dan peningkatan prestasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berbentuk penelitian deskriptif kualitatif. Wawancara dan catatan tertulis akan digunakan untuk mengumpulkan data untuk penyelidikan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Perencanaan manajemen pendidikan dalam pembentukan karakter dan prestasi santri di SPIDI Maros diawali dari rapat perencanaan program pada awal tahun yang melibatkan semua komponen sekolah. 2) Pengorganisasian pendidikan karakter siswa SPIDI Maros dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan dari kepala sekolah yang mengatur tugas pokok dan fungsi masing-masing. 3) Seluruh guru termasuk kepala sekolah melaksanakan pembinaan karakter siswa SPIDI Maros secara terpadu. Hal ini meliputi pembentukan karakter religius siswa, pengembangan karakter bagi siswa lain, dan pengembangan karakter bagi siswa itu sendiri. 4) Pengawas baik internal maupun eksternal bertanggung jawab untuk memantau perkembangan karakter satri SPIDI Maros. Pengawas internal meliputi kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, sedangkan pengawas eksternal adalah pengawas sekolah yang diutus oleh Dinas Pendidikan. Pelaksanaannya dilakukan sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawab masing-masing orang serta perangkat pemantauan kegiatan, termasuk perangkat pemantauan dan evaluasi.

Referensi

Damopolii, M. (2011). Pesantren Modern IMMIM: Pencetak Muslim Modern. Jakarta: Rajawali Pers.

Daradjat, Z. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: Bumi Aksara.

Dharmawati, H. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak usia Dini di TK Hikma Kecamatan Lamasi kabupaten Luwu. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri IAIN Palopo.

Irjanti, R., & Setiawati, F. A. (2018). Pengaruh Nilai-Nilai Karakter terhadap Prestasi Belajar di SDIT Salman Al Farisi. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 40–50. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21490

Johan. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter di Pesantren (Studi Kasus di Tarbiyatul Muallimien Al Islamiyah TMII Pesantren Al Amien Prenduan Semenep. Universitas Islam Negeri Maliki Malang.

Latif, M., & Hafid, E. (2021). Multicultural Attitudes in An Islamic Boarding School of South Sulawesi–Indonesia. Cogent Education, 8(1–16). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1968736

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter Panduan lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Muchlish, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nafiah, W. (2019). Manajemen pendidikan karakter: Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 2 Malang [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/14586/

Nawawi, H., & Martini, M. (2005). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Tilaar, H. A. R. (2007). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Diterbitkan
2023-03-25
Bagian
Vol 2 No 2
Abstrak viewed = 240 times