SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Supervisi akademik dalam peningkatan mutu pembelajaran merupakan fokus yang menjadi penekanan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah penelitian pustaka dengan pendekatan kualitatif untuk mengumpulkan data yang bersumber dari buku-buku, artikel, dan hasil penelitian yang telah dipublikasikan. Pembahasan kajian ini mencakup berbagai topik, antara lain konsep supervisi akademik, tujuan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik, pendekatan supervisi akademik, prinsip supervisi akademik, teknik supervisi akademik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru sehingga kualitas pembelajaran dapat menjadi lebih baik. Melalui supervisi akademik, guru akan semakin terampil dalam mengembangkan kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosialnya. Oleh karena itu, pengembangan seluruh kompetensi guru harus tercakup dalam supervisi akademik. Proses pengawasan melibatkan identifikasi kondisi atau prasyarat penting yang akan menjamin tercapainya tujuan pendidikan. Untuk menjamin tercapainya tujuan pendidikan sekolah semaksimal mungkin, tugas kepala sekolah sebagai pengawas menuntut agar kepala sekolah mahir menyelidiki, menemukan, dan menetapkan syarat-syarat yang diperlukan untuk keberhasilan sekolahnya. Upaya kepala sekolah dalam kapasitasnya sebagai pengawas akan berdampak pada peningkatan profesionalisme guru. Dalam kapasitas tersebut, kepala sekolah akan mampu mengarahkan pada pengembangan lingkungan kerja yang positif guru dan tenaga kependidikan dapat mengembangkan potensi dan kreativitasnya.
Referensi
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, J. M. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45.
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12
Danim, S. (2015). Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara.
Dodd, W. A. (1972). Primary School Inspection Inc; in New Countries. London: Oxford University Press.s.
Fathurrohman, P., & Suryana, A. (2011). Supervisi Pendidikan: Dalam Pengembangan Proses Pengajaran. Bandung: Refika Aditama.
Fauzi, A. (2019). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SDN Kelayan Selatan 8 Banjarmasin. Jurnal Pahlawan, 15(1), 1–5. https://doi.org/10.57216/pah.v15i1.298
Hadi, S., Tukira, & Yuwono, B. (2009). Pengaruh Supervisi Akademik, Kompetensi Guru dan Kedisiplinan terhadap Kinerja SMA Negeri 3 Slawi Kabupaten Tegal. Jurnal Khazanah Pendidikan, 2(1), 35–64.
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97–111. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159
Imam Machali & Ara Hidayat. (2018). The handbook of education management. Prenada Media Group.
Iwantoro. (2014). Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Meningkatkan Kinerja Guru dalam Rangka Mencapai Tujuan Pendidikan. Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid,” 3(2), 53–65.
Kemendikbud. (2019). Supervisi dan Penilaian Kerja Guru (MPPKS-PKG). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Masaong, A. K. (2012). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa. (2019). Menjadi Kepala Sekolah Profesional (x). PT Rosdakarya.
Musfah, J. (2015). Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta : Prenadamedia Group.
Priansa, D. J., & Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Purwanto, M. N. (2017). Adminsitrasi dan Supervisi Pendidikan (24th ed.). Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Purwanto, N. (2017). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Rosda Karya.
Rahman, D., & Husain, A. (2020). Motivasi Kerja Guru: Hubungan Realitas Iklim dan Budaya dengan Motivasi Kerja Guru Madrasah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Ramli, M. Z. (2013). Manajemen Pelayanan Publik Berbasis Kemanusiaan.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Republik Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Republik Indonesia. (2016). Permendikbud Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rini, I. M., & Riyana, C. (2018). Analisis Pemanfaatan Modul Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kompetensi Supervisi pada Diklat Calon Kepala Sekolah. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 92–115. https://doi.org/10.21831/diklus.v2i2.23653
Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sahertian, P. A. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sahertian, P. A. (2010). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sartono, N., Rusdi, R., & Handayani, R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Sman 27 Jakarta Pada Materi Sistem Imun. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 58–64. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.8
Sitaasih, D. K. (2020). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Selama Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 241–247.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Soetopo, H., & Soemanto, W. (1984). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Sudjana, N. (2011). Supervisi Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra Publishing.
Umiarso, & Gojali, I. (2010). Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Jogjakarta: Ircisod.
Wardani, I. K., Ibrahim, M. M., Baharuddin, B., & Rahman, D. (2022). Supervisi Akademik dan Kompetensi Pedagogik Sebagai Determinan Kinerja Guru. Manajemen Pendidikan, 17(1), 50–61. https://doi.org/10.23917/jmp.v17i1.16261
Zakaria, G. A. N., Kamis, H., Mahalle, S., & Nawi, A. (2014). Leadership Style of Religious School Headmasters and Its Relationship to Academic Achievement in Brunei Darussalam. Asian Social Science, 10(3), 112–119. https://doi.org/10.5539/ass.v10n3p112
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).