PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI PENDIDIKAN

  • Nur Husnul Khatimah Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • A. Zulhijrah Kurniasi SMP Islam Terpadu Insan Cendekia Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Danial Rahman Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Chaeriyah Mamuju
    (ID) http://orcid.org/0000-0003-0469-9616
  • Lisa Nursita Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Supervisi Pendidikan, Supervisi Pembelajaran

Abstrak

Artikel ini menjelaskan peran kepala sekolah dalam supervisi pendidikan. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tinjauan kepustakaan (library research). Data diperoleh melalui kajian sumber dari buku-buku dan artikel yang terkait untuk menganalisis konsep, teori dan implementasi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah berkontribusi penting dalam pengembangan kurikulum, pengembangan kualitas, kemajuan dan peningkatan sekolah, pendekatan metode dan teknik pembelajaran, dan pembinaan lingkungan belajar yang integratif. Hasil ini menunjukkan bahwa untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu sangat bergantung pada kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan supervisi pendidikan. Selain itu, kepemimpinan kepala sekolah memungkinkan sekolah untuk mencapai visi, misi dan tujuannya. Kepala sekolah perlu melakukan supervisi dengan berlandaskan pada informasi dan fakta yang valid. Dengan demikian, informasi yang diperoleh secara akurat dan mencakup berbagai aspek, termasuk informasi tentang pendidik, peserta didik, tenaga kependidikan, dan fasilitas pendidikan. Hal ini memungkinkan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya sebagai supervisor pendidikan secara efektif.

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

 

 

Referensi

Aliyas, R., Ismail, M. I., & Maulana, A. (2019). Pengaruh Pengelolaan Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Islamic Education Management, 5(1), 46–60.

Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. https://www.researchgate.net/publication/362705542

Anizah, & Maretta, W. F. (2017). Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 97–105. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1157

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45.

Djunaidi. (2017). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Tarbiyatuna, 2(1), 89–118. https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.107

Evanofrita, E., Rifma, R., & Nellitawati, N. (2020). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di Sekolah Luar Biasa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 217–229. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3772

Fu’adi. (2012). Kompetensi Guru MI Ma’arif Setono Ponorogo dalam Pembelajaran Sains Berbasis Pendidikan Karakter. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(1), 1–16.

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28. https://doi.org/10.30870/jpks.v1i1.849

Ginting, R. (2020). Fungsi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Edukasi NonFormal, 1(1), 88–93. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/409

Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 51–62. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734

Kastawi, N. S., Nugroho, A., & Miyono, N. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77–93. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p77-93

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, Y. A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Studi Kasus di SMP Kolese Kanisius Jakarta). Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 61–70. https://doi.org/10.21009/jmp.v9i1.10784

Muflihin, M. H. (2018). Memaksimalkan Kembali Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor Pendidikan. Edukasia Islamika, 3(2), 249–269. https://doi.org/10.28918/jei.v3i2.1691

Muflikha, M., & Haryanto, B. (2019). Strategi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Palapa, 7(2), 309–323. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.376

Mulyasa, E. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, I. (2021). Supervisi Pendidikan. Medan: Pusdikra Mitra Jaya.

Nurkholis, N. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Pendidikan. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 306–321. https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5612

Pohan, M. M. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer dan Pemimpin Pendidikan. Ansiru PAI, 3(1), 82–91. https://doi.org/10.30821/ansiru.v2i1.1632

Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136–144. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Yayasan Peduli Anak Negeri.

Sanglah, I. N. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 528–534. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40700

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Shaifudin, A. (2020). Supervisi Pendidikan. El-Wahda: Jurnal Pendidikan, 1(2), 25–42. https://doi.org/http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/elwahdah/article/view/4158

Siagian, S. P. (2006). Teori dan Kepemimpinan,. Jakarta: Rineka Cipta.

Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Membina Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 159–168. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/cjotl/article/view/142

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Supardi, E., Mulyati, S., & Mahendra, G. (2019). Kompetensi Profesional dan Kreativitas Mengajar Guru, Dampaknya pada Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Siswa SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Diterbitkan
2023-09-28
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 548 times