PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI PENDIDIKAN
Abstrak
Artikel ini menjelaskan peran kepala sekolah dalam supervisi pendidikan. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tinjauan kepustakaan (library research). Data diperoleh melalui kajian sumber dari buku-buku dan artikel yang terkait untuk menganalisis konsep, teori dan implementasi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah berkontribusi penting dalam pengembangan kurikulum, pengembangan kualitas, kemajuan dan peningkatan sekolah, pendekatan metode dan teknik pembelajaran, dan pembinaan lingkungan belajar yang integratif. Hasil ini menunjukkan bahwa untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu sangat bergantung pada kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan supervisi pendidikan. Selain itu, kepemimpinan kepala sekolah memungkinkan sekolah untuk mencapai visi, misi dan tujuannya. Kepala sekolah perlu melakukan supervisi dengan berlandaskan pada informasi dan fakta yang valid. Dengan demikian, informasi yang diperoleh secara akurat dan mencakup berbagai aspek, termasuk informasi tentang pendidik, peserta didik, tenaga kependidikan, dan fasilitas pendidikan. Hal ini memungkinkan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya sebagai supervisor pendidikan secara efektif.
Referensi
Aliyas, R., Ismail, M. I., & Maulana, A. (2019). Pengaruh Pengelolaan Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Islamic Education Management, 5(1), 46–60.
Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. https://www.researchgate.net/publication/362705542
Anizah, & Maretta, W. F. (2017). Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 97–105. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1157
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, A., & Danial, D. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 31–45.
Djunaidi. (2017). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Tarbiyatuna, 2(1), 89–118. https://doi.org/10.51311/nuris.v5i2.107
Evanofrita, E., Rifma, R., & Nellitawati, N. (2020). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di Sekolah Luar Biasa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 217–229. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3772
Fu’adi. (2012). Kompetensi Guru MI Ma’arif Setono Ponorogo dalam Pembelajaran Sains Berbasis Pendidikan Karakter. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(1), 1–16.
Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28. https://doi.org/10.30870/jpks.v1i1.849
Ginting, R. (2020). Fungsi Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Edukasi NonFormal, 1(1), 88–93. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/409
Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 51–62. https://doi.org/10.21093/twt.v6i3.1734
Kastawi, N. S., Nugroho, A., & Miyono, N. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77–93. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p77-93
Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kurniawan, Y. A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Studi Kasus di SMP Kolese Kanisius Jakarta). Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 61–70. https://doi.org/10.21009/jmp.v9i1.10784
Muflihin, M. H. (2018). Memaksimalkan Kembali Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor Pendidikan. Edukasia Islamika, 3(2), 249–269. https://doi.org/10.28918/jei.v3i2.1691
Muflikha, M., & Haryanto, B. (2019). Strategi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Palapa, 7(2), 309–323. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.376
Mulyasa, E. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasution, I. (2021). Supervisi Pendidikan. Medan: Pusdikra Mitra Jaya.
Nurkholis, N. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Supervisi Pendidikan. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 306–321. https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5612
Pohan, M. M. (2018). Kepala Sekolah Sebagai Manajer dan Pemimpin Pendidikan. Ansiru PAI, 3(1), 82–91. https://doi.org/10.30821/ansiru.v2i1.1632
Ramadhan, A. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri di Kabupaten Majene. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 136–144. https://doi.org/10.26858/est.v3i2.3579
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Yayasan Peduli Anak Negeri.
Sanglah, I. N. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah pada Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 528–534. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40700
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Shaifudin, A. (2020). Supervisi Pendidikan. El-Wahda: Jurnal Pendidikan, 1(2), 25–42. https://doi.org/http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/elwahdah/article/view/4158
Siagian, S. P. (2006). Teori dan Kepemimpinan,. Jakarta: Rineka Cipta.
Sirojuddin, A., Aprilianto, A., & Zahari, N. E. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Membina Profesionalisme Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1(2), 159–168. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/cjotl/article/view/142
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Supardi, E., Mulyati, S., & Mahendra, G. (2019). Kompetensi Profesional dan Kreativitas Mengajar Guru, Dampaknya pada Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Siswa SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).