PENGARUH PENDIDIKAN PELATIHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengganalisis pengaruh pendidikan pelatihan dan motivasi kerja dalam peningkatan kinerja guru di UPT Negeri 8 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian mencakup semua guru dii UPT SMK Negeri 8 Makassar yang berjumlah 62 orang. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik simple random sampling sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 orang guru. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket terkait pendidikan pelatihan, motivasi kerja, dan kinerja guru. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan pendidikan dan motivasi kerja merupakan variabel yang berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru di UPT SMK Negeri 8 Makassar. Pengaruh yang dihasilkan terbukti signifikan, baik secara parsial maupun simultan. Pengaruh simultan yang dihasilkan mencapai 53,5% yang mengindikasikan bahwa kedua variabel tersebut berkontribusi besar terhadap kinerja guru. Dengan demikian, semakin baik pelatihan pendidikan yang diikuti oleh guru dan semakin kuat motivasi kerjanya, kinerja mereka akan meningkat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.
Referensi
Agustina, A., Ibrahim, M. M., & Maulana, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru pada MTsN di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.14164
Audah, Z. (2020). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru Pada SMA Muhammadiyah Martapura. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 10(2), 159–174. https://doi.org/10.30649/japk.v10i2.81
Baihaqi, M. I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di MA Ma’Arif Selorejo Blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 7(2), 97–106. https://doi.org/10.30957/konstruk.v7i2.14
Damanik, R. (2019). Hbungan Kompetensi Guru dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2), 1–8. https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170
Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12
Gutara, M. Y., Pogo, T., & Saluy, A. B. (2021). Pengaruh Pelatihan, Motivasi Kerja, dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru. Indikator: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 73–81. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator/article/view/10016/5046%0Ahttps://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator/article/view/10016
Hamalik, O. (2007). Manajemen Pendidikan Ketenaga kerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Handayani, D. (2017). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Motivasi, serta Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeribanyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 140–150. https://doi.org/10.32502/jimn.v6i2.1583
Hayati, R., Arafat, Y., & Sari, A. P. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 100–111. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3753
Hikmah, N. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di SMPN 5 Pelepat Ilir Muaro Bungo. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(4), 206–213. https://repository.unja.ac.id/30409/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/30409/5/BAB I.pdf
Islahi, V. M., & Mukhroji. (2023). Pengaruh Pendidikan Pelatihan (DIKLAT), Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Guru TK di Kabupaten Brebes Selatan). Jurnal El-Hamra: Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 8(1), 31–40. https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/elhamra/article/view/109
Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4
Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33
Karweti, E. (2010). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 77–89.
Mangkunegara, A. A. (2013). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Manik, E., & Bustomi, K. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 5(2), 97–107. http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/12
Mayasari Ginting, Y., Chandra, T., Purnamasari, M. S., & Megiwati, M. (2023). Pengaruh Pendidikan dan Latihan, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan dan Kinerja Guru Guru Smp Dharma Loka Pekanbaru. Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 91–108. https://doi.org/10.30598/manis.6.2.91-108
Mulyasa, E. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Puspitasari, I. F. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD se-Gugus Ngloro, Saptosari, Gunungkidul. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(5), 466–476. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/17603
Rahman, D., & Husain, A. (2020). Motivasi Kerja Guru: Hubungan Realitas Iklim dan Budaya dengan Motivasi Kerja Guru Madrasah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rusdin. (2017). Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru di SMP Negeri 02 Linggang Bigung. Jurnal Administrative Reform, 5(4), 200–212. https://doi.org/10.52239/jar.v5i4.885
Sebayang, S., & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SD dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 2(2), 105–114. https://media.neliti.com/media/publications/464457-none-b3933db6.pdf
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tafsir, A. (2014). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Wijaya, C. O., & Nurwahidin, M. (2022). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru di Sekolahh Menengah Kejuruan. TTeknologii Pendidikan, 1(2), 31–35. https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.20
Wijaya, C. O., Yulianti, D., & Herpratiwi, H. (2023). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Akademika, 12(1), 231–237. https://doi.org/10.34005/akademika.v12i01.2706
Yamin, M., & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.
Zeke, K., Katuuk, D. A., Lengkong, J. S. J., & Rotty, V. N. J. (2021). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru SMP Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 15–21. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112126
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).