PENGARUH PENDIDIKAN PELATIHAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU

  • Fatimah Andriani Rumah Tahfidz Hafidzah Bukit Baruga Antang, Makassar
    (ID)
  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Musdalifah Musdalifah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Pendidikan Pelatihan, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengganalisis pengaruh pendidikan pelatihan dan motivasi kerja dalam peningkatan kinerja guru di UPT Negeri 8 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian mencakup semua guru dii UPT SMK Negeri 8 Makassar yang berjumlah 62 orang. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik simple random sampling sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 orang guru. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket terkait pendidikan pelatihan, motivasi kerja, dan kinerja guru. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi berganda untuk menguji pengaruh parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan pendidikan dan motivasi kerja merupakan variabel yang berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru di UPT SMK Negeri 8 Makassar. Pengaruh yang dihasilkan terbukti signifikan, baik secara parsial maupun simultan. Pengaruh simultan yang dihasilkan mencapai 53,5% yang mengindikasikan bahwa kedua variabel tersebut berkontribusi besar terhadap kinerja guru. Dengan demikian, semakin baik pelatihan pendidikan yang diikuti oleh guru dan semakin kuat motivasi kerjanya, kinerja mereka akan meningkat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Referensi

Agustina, A., Ibrahim, M. M., & Maulana, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru pada MTsN di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.14164

Audah, Z. (2020). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru Pada SMA Muhammadiyah Martapura. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 10(2), 159–174. https://doi.org/10.30649/japk.v10i2.81

Baihaqi, M. I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di MA Ma’Arif Selorejo Blitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 7(2), 97–106. https://doi.org/10.30957/konstruk.v7i2.14

Damanik, R. (2019). Hbungan Kompetensi Guru dengan Kinerja Guru. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2), 1–8. https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.170

Danial, D., Damopolii, M., & Syamsudduha, S. (2019). Hubungan antara Budaya Madrasah dengan Motivasi Kerja Guru di MTs se-Kecamatan Sinjai Barat. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 141–156. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i12

Gutara, M. Y., Pogo, T., & Saluy, A. B. (2021). Pengaruh Pelatihan, Motivasi Kerja, dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru. Indikator: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 73–81. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator/article/view/10016/5046%0Ahttps://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator/article/view/10016

Hamalik, O. (2007). Manajemen Pendidikan Ketenaga kerjaan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, D. (2017). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Motivasi, serta Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negeribanyuasin. Jurnal Ilmu Manajemen, 6(2), 140–150. https://doi.org/10.32502/jimn.v6i2.1583

Hayati, R., Arafat, Y., & Sari, A. P. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 100–111. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3753

Hikmah, N. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di SMPN 5 Pelepat Ilir Muaro Bungo. Jurnal Dinamika Manajemen, 7(4), 206–213. https://repository.unja.ac.id/30409/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/30409/5/BAB I.pdf

Islahi, V. M., & Mukhroji. (2023). Pengaruh Pendidikan Pelatihan (DIKLAT), Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Guru TK di Kabupaten Brebes Selatan). Jurnal El-Hamra: Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 8(1), 31–40. https://ejournal.amertamedia.co.id/index.php/elhamra/article/view/109

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4

Kartini, D., & Kristiawan, M. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p25-33

Karweti, E. (2010). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SLB di Kabupaten Subang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 77–89.

Mangkunegara, A. A. (2013). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Manik, E., & Bustomi, K. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 3 Rancaekek. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 5(2), 97–107. http://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/12

Mayasari Ginting, Y., Chandra, T., Purnamasari, M. S., & Megiwati, M. (2023). Pengaruh Pendidikan dan Latihan, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan dan Kinerja Guru Guru Smp Dharma Loka Pekanbaru. Manis: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 91–108. https://doi.org/10.30598/manis.6.2.91-108

Mulyasa, E. (2014). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puspitasari, I. F. (2021). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD se-Gugus Ngloro, Saptosari, Gunungkidul. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(5), 466–476. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/17603

Rahman, D., & Husain, A. (2020). Motivasi Kerja Guru: Hubungan Realitas Iklim dan Budaya dengan Motivasi Kerja Guru Madrasah. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rusdin. (2017). Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru di SMP Negeri 02 Linggang Bigung. Jurnal Administrative Reform, 5(4), 200–212. https://doi.org/10.52239/jar.v5i4.885

Sebayang, S., & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SD dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX, 2(2), 105–114. https://media.neliti.com/media/publications/464457-none-b3933db6.pdf

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tafsir, A. (2014). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Wijaya, C. O., & Nurwahidin, M. (2022). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru di Sekolahh Menengah Kejuruan. TTeknologii Pendidikan, 1(2), 31–35. https://doi.org/10.56854/tp.v1i2.20

Wijaya, C. O., Yulianti, D., & Herpratiwi, H. (2023). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Akademika, 12(1), 231–237. https://doi.org/10.34005/akademika.v12i01.2706

Yamin, M., & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada.

Zeke, K., Katuuk, D. A., Lengkong, J. S. J., & Rotty, V. N. J. (2021). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru SMP Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 15–21. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1.112126

Diterbitkan
2024-03-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 195 times