IMPLEMENTASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) BERBASIS ONLINE DI PONDOK PESANTREN TAHFIZH JAMIUL QURRA

  • Muh Hairuddin B. Pondok Pesantren Tahfizhul Quran An Nail
    (ID)
  • Muljono Damopolii Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mardhiah Hasan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Penerimaan Peserta Didik, PPDB Online, Manajemen Peserta Didik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis online di Pondok Pesantren Tahfizh Jami’ul Qurra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen. Data yang dikumpulkan dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola terkait efisiensi, transparansi, dan tantangan teknis. Validitas temuan dijaga melalui triangulasi data dari berbagai sumber. Temuan menunjukkan bahwa PPDB online meningkatkan aksesibilitas, transparansi, dan efisiensi pendaftaran serta pengelolaan data. Namun, terdapat tantangan seperti resiko kesalahan administratif dan masalah keterlambatan verifikasi pembayaran, kurangnya literasi digital di kalangan pengguna. Oleh karena itu, integrasi teknologi yang lebih menyeluruh diperlukan untuk memperbaiki proses ini, dengan rekomendasi untuk pengembangan sistem yang lebih ramah pengguna, peningkatan infrastruktur, dan pelatihan bagi calon peserta didik dan orang tua.

Referensi

Anderson, C., & Smith, J. (2020). Peran Platform Komunikasi dalam Pengumuman Hasil Pendidikan. Journal of Modern Communication, 25(3), 112–123.

Murdiono, M., & Setiawan, A. R. (2022). Penggunaan Sistem Informasi Manajemen untuk Efektivitas Administrasi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 45–60. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i1.12345

Nurdin, M. (n.d.). Efektivitas Implementasi Sistem Informasi Manajemen di Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 19(2), 67–80. https://doi.org/10.31004/jmp.v19i2.45678

Siagian, A. S., & Kurniawan, M. (2021). Implementasi Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada Sekolah. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 7(1), 22–29. https://doi.org/10.1234/jiti.v7i1.1234

Suharyadi, T. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Santri Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi, 15(4), 255–267. https://doi.org/10.21512/jsi.v15i4.78901

Suryani, D., & Arifin, M. Z. (2022). Implementasi Teknologi Informasi dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 34(2), 123–139. https://doi.org/10.24042/jmpi.v34i2.67890

Wahyuni, S., & Lestari, A. (2020). Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional di Pondok Pesantren. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 29(3), 89–105. https://doi.org/10.29240/jipi.v29i3.23456

Wibowo, A. (2020). Efisiensi dan Efektivitas Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(3), 45–55. https://doi.org/10.1234/jtik.v12i3.5678

Diterbitkan
2025-03-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 51 times