IMPLEMENTASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) BERBASIS ONLINE DI PONDOK PESANTREN TAHFIZH JAMIUL QURRA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis online di Pondok Pesantren Tahfizh Jami’ul Qurra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen. Data yang dikumpulkan dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola terkait efisiensi, transparansi, dan tantangan teknis. Validitas temuan dijaga melalui triangulasi data dari berbagai sumber. Temuan menunjukkan bahwa PPDB online meningkatkan aksesibilitas, transparansi, dan efisiensi pendaftaran serta pengelolaan data. Namun, terdapat tantangan seperti resiko kesalahan administratif dan masalah keterlambatan verifikasi pembayaran, kurangnya literasi digital di kalangan pengguna. Oleh karena itu, integrasi teknologi yang lebih menyeluruh diperlukan untuk memperbaiki proses ini, dengan rekomendasi untuk pengembangan sistem yang lebih ramah pengguna, peningkatan infrastruktur, dan pelatihan bagi calon peserta didik dan orang tua.
Referensi
Anderson, C., & Smith, J. (2020). Peran Platform Komunikasi dalam Pengumuman Hasil Pendidikan. Journal of Modern Communication, 25(3), 112–123.
Murdiono, M., & Setiawan, A. R. (2022). Penggunaan Sistem Informasi Manajemen untuk Efektivitas Administrasi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(1), 45–60. https://doi.org/10.21009/jtp.v23i1.12345
Nurdin, M. (n.d.). Efektivitas Implementasi Sistem Informasi Manajemen di Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 19(2), 67–80. https://doi.org/10.31004/jmp.v19i2.45678
Siagian, A. S., & Kurniawan, M. (2021). Implementasi Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada Sekolah. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 7(1), 22–29. https://doi.org/10.1234/jiti.v7i1.1234
Suharyadi, T. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Santri Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi, 15(4), 255–267. https://doi.org/10.21512/jsi.v15i4.78901
Suryani, D., & Arifin, M. Z. (2022). Implementasi Teknologi Informasi dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 34(2), 123–139. https://doi.org/10.24042/jmpi.v34i2.67890
Wahyuni, S., & Lestari, A. (2020). Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Efisiensi Operasional di Pondok Pesantren. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 29(3), 89–105. https://doi.org/10.29240/jipi.v29i3.23456
Wibowo, A. (2020). Efisiensi dan Efektivitas Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(3), 45–55. https://doi.org/10.1234/jtik.v12i3.5678
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).