ANALISIS OPTIMALISASI RUTE LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) UNTUK PENINGKATAN MOBILITAS DI KOTA MAKASSAR

  • SIRHAN JILAL NODJENG Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah Kota, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • HENNY HAERANY Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah Kota, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • MUH.IKRAM IDRIS Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah Kota, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Keywords: Light Rail Transit, Rute, Network Analysis, Analisis Multikriteria

Abstract

Kota Makassar, sebagai pusat layanan utama di wilayah timur Indonesia, memiliki populasi sekitar 1.432.189 orang yang menyebar di area seluas 175.77 km2. Kepadatan penduduk ini memicu peningkatan aktivitas sehari-hari, termasuk dalam aspek lalu lintas. Tingginya penggunaan kendaraan pribadi, yang terus meningkat, beriringan dengan stagnasi dalam pengembangan infrastruktur lalu lintas, telah menyebabkan kemacetan di berbagai area. Dalam upaya mengurangi kemacetan ini, pengembangan transportasi publik seperti Light Rail Transit (LRT) dianggap sebagai solusi yang efektif, terutama mengingat kondisi kepadatan kota dan masalah kemacetan yang dihadapi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan rute LRT yang paling efisien di Makassar, berdasarkan analisis pola pergerakan dan rencana pengembangan kota. Studi ini mengadopsi pendekatan analisis Jaringan dan Analisis Multikriteria untuk mencapai tujuannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rute LRT yang ideal dimulai dari Bandara Sultan Hasanuddin menuju Terminal Tamalate.

Author Biographies

SIRHAN JILAL NODJENG, Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah Kota, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah Kota, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

HENNY HAERANY, Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah Kota, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah Kota, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

MUH.IKRAM IDRIS, Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah Kota, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah Kota, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

Published
2023-11-30
Section
Vol.1 No.1 Desember 2023
Abstract viewed = 132 times