POTRET PERAN GENDER KOMUNITAS SUATU MADRASAH TSANAWIYAH DI KAB. GOWA, SULAWESI SELATAN

  • Siti Azisah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nuryamin Nuryamin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstrak

Gender sebagai konstruksi sosial telah disosialisasikan sejak manusia lahir. Laki-laki dan perempuan dibedakan dari berbagai aspek termasuk sifat, peran, tanggung jawab. Perbedaan gender telah menyumbangkan ketidak adilan (inequalities) dalam masyarakat dan bernegara. Sektor Pendidikan merupakan sektor penting untuk pencapaian kesetaraan dan keadilan gender. Article ini bertujuan untuk memberikan gambaran peran gender di suatu madrasah tsanawiah swasta di kab Gowa. Pertanyaan penelitaiannya adalah  “Bagaimana potret peran gender di suatu MTs Swasta di Kab, Gowa dengan uraian pertanyaan penelitian yaitu “Bagaimana gambaran peran gender kepala dan wakil kepala madrasah, guru-guru dan siswa-siswi di madrasah Tsanawiyah swasta di Kab Gowa? Penelitian ini adalah penelitian kwalitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan kerangka Analisa penelitian qualitative dari Taylor and Bogdan dengan tiga langkah analisa data yaitu: Pertama, memberikan label pada data, menemukan themanya dan mengembangkan preposisi. Kedua yaitu memperbaiki thema dan preposisi. Terakhir, melaporkan penemuan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggambaran peran gender pada Madrasah iniumumnya adil gender. Pembagian peran warga madrasah nampak adil. Pembagian peran didasarkan pada kompetensi masing-masing. Peserta didik juga memiliki cita-cita pekerjaan yang progressif. Gambaran peran yang adil ini tentunya berbeda dengan penelitian terdahulu yang menggambarkan peran gender secara tidak adil.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
Siti Azisah is a lecturer of Faculty of Education and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Her areas of expertice are in the field of education, curriculum and gender.
##submission.authorWithAffiliation##
Nuryamin is the lecturrer of Faculty of Education and Teaching Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Referensi

Abraham, J. (1989). Teacher Ideology and Sex Roles in Curriculum Texts. British Journal of Sociology of Education, 10(1), 33–51. https://doi.org/10.1080/0142569890100103

Azisah, S. (2012). Gender mainstreaming in education : case studies of Islamic primary schools in South Sulawesi, Indonesia 2000 - 2006. Faculty of Arts, Education and Psychology.

Azisah, S. (2016). Kontekstualisasi Gender Islam dan Budaya. Makassar: Alauddin University Press.

Azisah, S., & Vale, C. (2008). Gender mainstreaming in Islamic primary schools in South Sulawesi, Indonesia : a textbook analysis.

Gillham, B. (2000). Case Study Research Methods. Continuum, London: Real world research.

Gooden, A. M., & Gooden, M. A. (2001). Gender Representation in Notable Children’s Picture Books: 1995–1999. Sex Roles, 45(1), 89–101. https://doi.org/10.1023/A:1013064418674

Hall, J. (2012). Gender Issues in Mathematics: An Ontario Perspective. Journal of Teaching and Learning, 8. https://doi.org/10.22329/jtl.v8i1.3004

Minichiello, V., Aroni, R., & Hays, T. (2008). In-Depth Interviewing: Principles, Techniques, Analysis. Sydney: Pearson Education Australia.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (XXVII). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Myhill, D., & Jones, S. (2006). ‘She doesn’t shout at no girls’: pupils’ perceptions of gender equity in the classroom. Cambridge Journal of Education, 36(1), 99–113. https://doi.org/10.1080/03057640500491054

Parker, L. (1997). Engendering School Children in Bali. The Journal of the Royal Anthropological Institute, 3(3), 497–516. https://doi.org/10.2307/3034764

Pelras, C. (1997). The Bugis. John Wiley & Sons, Ltd.

Rasyid, M. R. (2009). Perspektif Pedidikan Islam terhadap Gender Equality. Yogyakarta: Kota Kembang.

Sukmadinata, N. . (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryadi, A., & Idris, E. (2004). Kesetaraan Gender dalam Bidang Pendidikan. Bandung: Ganesindo.

Vale, C. (2008). Trends and factors concerning gender and mathematics in Australasia. Proceedings of the 11th International Congress on Mathematical Education, 1–8. Monterrey, Mexico: International Commission on Mathematical Instruction.

Diterbitkan
2021-06-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 231 times