Pembuatan produk diversifikasi pudding dengan daun kelor untuk pencegahan hipertensi
Abstract
Daun kelor dipercaya memiliki fungsi yang sangat baik terhadap kesehatan dan dapat mencegah hipertensi, kanker dan sebagai antimikroba. Tujuan kegiatan ini adalah melakukan praktik pembuatan puding yang berbahan dasar daun kelor sebagai salah satu bentuk pencegahan hipertensi. Kegiatan penyuluhan kesehatan dilaksanakan pada Senin, 13 Desember 2021 di desa Limapoccoe Kec. Cenrana Kab. Maros. Metode kegiatan dilakukan dengan praktik langsung pembuatan pudding daun kelor. Praktik pembuatan puding daun kelor yang dilakukan oleh ibu RT bersama dengan mahasiswa yang kemudian dilanjutkan dengan ibu-ibu dan juga lansia yang datang dalam penyuluhan kali ini. Hasil kegiatan yang dlaksanakan berjalan lancar dan para peserta berperan aktif dalam proses praktik pembuatan puding. Diharapkan dengan kegiatan ii terjadi peningkatan pengetahuan ibu lansia serta dapat memahami pencegahan dan pengobatan hipertensi yang dialaminya melalui pola hidup yang sehat.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Bruner, & Suddart. (2002). Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: EGC.
Dona, W., & J.K. (2011). Knowledge of young African American adults about heart disease: a cross-sectional survey. Spinger Link. Spinger Link.
Lucimere, Bohna; Couto, Pedrosa; Ramoa, Ana; Fernando, Castro. (2020, March 7). Effects of a Short Health Education Intervention on Physical Activity, Arterial Stiffness and Cardiac Autonomic Function in Individuals with Moderate-to-High Cardiovascular risk. Patient Education Anda Counseling.
Murwani, A. (2020). Model Promosi Kesehatan pada Program Perawatan Kesehatan Masyarakat untuk mengingkatkan Kualitas Hidup lansia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sulistyaningsih, A. (2011). Hubungan antara Pendidikan kesehatan dengan. Universitas Aisyiyah Yogyakarta.
Utami, Sri; Purwani, Wice. (2019, March). increasing mothers’ knowledge of cervical cancer risk through peer group health education with “PinKa” method. Enfermiria Clinica, 29, 52-55.