Aliran Ekonomi Neoliberalisme: Suatu Pengantar

  • Rika Dwi Ayu Parmitasari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (h-index: 0)
    (ID)
  • Zulfahmi Alwi

Abstract

Neoliberalisme merupakan aliran ekonomi yang masih dipengaruhi oleh pandangan dan merupakan kelanjutan dari liberalism klasik. Neoliberalisme masih mengusung pandangan bahwa perekonomian harus dijalankan secara bebas dengan mengurangi intervensi dari pemerintah. Secara tidak langsung, maka aliran neoliberalisme mempunyai prioritas pada pasar bebas dan perdagangan bebas, menurunkan hambatan perdagangan internasional dan investasi sehingga masyarakat dapat meningkatkan kualitas kehidupan dengan terwujudnya efisensi perdagangan dan investasi. Artikel ini juga memberikan pengantar pengetahuan tentang aliran neoliberalisme yang dimulai dari sejarah neoliberalisme, pengertian neoliberalisme, sifat neoliberalisme dan dampak neoliberalisme. Artikel ini memberikan gambaran tentang neoliberalisme dengan memberikan alur informasi mendalam mengenai karakteristik neoliberalisme.

References

Balaam, David N. dan Michael Veseth, 2005, Introduction to International Political Economy, 3rd edtion, Pearson Education Inc., New Jersey.

Chairman, Chris, 2007, Theorising neoliberalism, journal of Socialist Theory, Issue: 117, 18 December, http://www.isj.org.uk/index.php4?id=399&issue=117, 14 Oktober 2013

Deliarnov, M.Sc, Drs, 2006, Ekonomi Politik, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Harvey, David, 2007, A Brief History of Neoliberalism, Oxford University Press, New York.

Heywood, Andrew, 2002, Politics, 2nd edition,Palgrave, New York.

Neoliberalism: origins, theory, definition, http://web.inter.nl.net/users/Paul.Treanor/ neoliberalism.html, 14 Oktober 2013.

Neoliberalisme, http://id.wikipedia.org/wiki/Neoliberalisme, 18 Oktober 2013

Winanti, Poppy S, 2011, Asal Usul Neoliberalisme, http://poppysw.staff.ugm.ac.id/posts/articles/melacak-asalusul-neoliberalisme/, 18 Oktober 2013.

Published
2020-12-31
How to Cite
Parmitasari, R. D. A., & Alwi, Z. (2020). Aliran Ekonomi Neoliberalisme: Suatu Pengantar. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 1(3). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/18301
Section
Artikel
Abstract viewed = 816 times