Peran Mediasi Citra Merek pada Pengaruh Pemasaran Sosial Media dan Ulasan Online Konsumen terhadap Minat Beli pada Generasi Z Pengguna Maybelline di Kota Makassar
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung social media marketing dan online customer review terhadap purchase intention dengan brand image sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini bersifat asosiatif korelasional, sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah kuantitatif. Tak kurang dari 99 responden perempuan generasi z pengguna Maybelline di Kota Makassar ikut serta mengisi kuesioner tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis jalur untuk menganalisis data dengan bantuan SmartPLS SEM versi 3.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: 1) social media marketing berpengaruh positif terhadap purchase intention, 2) online customer review tidak berpengaruh positif terhadap purchase intention, 3) social media marketing berpengaruh positif terhadap brand image, 4 ) tinjauan pelanggan online berpengaruh positif terhadap citra merek, 5) citra merek berpengaruh positif terhadap niat beli, 6) pemasaran media sosial berpengaruh positif terhadap niat beli dengan citra merek sebagai variabel intervensi, 7) tinjauan pelanggan online berpengaruh berpengaruh positif terhadap niat beli dengan brand image sebagai variabel intervensi.
Kata kunci : pemasaran media sosial, ulasan pelanggan online, niat beli, citra merek