Pengaruh Tagline “Gratis Ongkir” Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Masyarakat Kota Makassar

  • Ila Sasmita Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Ahmad Efendi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tagline “gratis ongkir” marketplace Shopee terhadap keputusan pembelian dimediasi oleh minat beli di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik penarikan sampel non probabilitas (non probability) dengan menggunakan rumus slovin, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden.. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan bantuan SmartPLS versi 3.0 for windows, yang diarahkan untuk menjawab rumusan masalah atau hipotesis yang telah dirumuskan dalam penelitian ini serta digunakan untuk menguji hubungan variabel tagline “gratis ongkir” variabel terhadap keputusan pembelian yang diarahkan untuk menjawab rumusan masalah atau hipotesis yang telah dirumuskan dalam penelitian ini serta digunakan untuk menguji hubungan variabel keputusan pembelian dan variabel minat beli sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa tagline “gratis ongkir” berpengaruh positif terhadap minat beli, minat beli berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, tagline “gratis ongkir” berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan tagline “gratis ongkir” berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada masyarakat kota Makassar.
Kata kunci: Tagline, Keputusan Pembelian dan Minat Beli

References

Adiwinata, N. N., Sumarwan, U., & Simanjuntak, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Konsumsi Kopi di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 14(2), 189–202.

Antaranews. (2021). BI Sulsel: Transaksi e-commerce naik 26 persen pada Agustus 2020. Antaranews.Com.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2020). Penetrasi pengguna internet 2019-200 (Q2)P. Apjii.or.Id.

Azizi, F., & Yateno, Y. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Diskon dan Tagline “Gratis Ongkir” terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB, Universitas Muhammadiyah Metro). Jurnal Manajemen Diverivikasi, 1(2), 260–277.

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik E-commerce 2020. In https://www.bps.go.id/.

CNBC Indonesia. (2021). THR Cair & Gratis Ongkir di Harbolnas, Ekonomi RI Makin Joss! Cnbcindonesia.Com.

Haniscara, N. A., & Saino, S. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Marketplace Shopee dengan Minat Beli SebagaI Variabel Intervening: Studi Pada Generasi Muda Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 533–543.

Hansson, S. O. (2005). Decision Theory: A Brief Introduction (p. 1).

Katadata. (2019a). Penyebab Mahalnya Ongkos Kirim Produk E-Commerce ke Luar Jawa. Katadata.Co.Id.

Katadata. (2019b). Shopee Masuk Dua Terbesar E-Commerce Paling Dikenal. Tim Publikasi Kata Data.

Larensia, G. A., Susilawati, I. R., & Akhrani, L. A. (n.d.). Peran Persepsi Terhadap Tagline Merek Kosmetik Wardah “Inspiring Beauty” Dalam Iklan Televisi Pada Brand Awareness Konsumen (Studi Pada Mahasiswi Universitas Brawijaya Malang).

Merdeka.com. (2021). Kemenkop Catat Transaksi Belanja Online Meningkat 26 Persen Selama Pandemi. Merdeka.Com.

Mukhammad Firdaus, N. Rachma, M. R. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Kemanfaatan, dan Tagline Gratis Ongkir Terhadap Minat Beli ulang Pada Situs Shopee Online Shop (Studi pada Mahasiswa FEB UNISMA). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(17).

Nofrizal, N. (2019). Metode Penelitian dan Praktek SPSS. Unilak Press.

Noviyanti, N. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Financial Literacy Mahasiswa Di Kota Batam. Prodi Akuntansi.

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51.

Published
2022-01-06
How to Cite
Sasmita, I., & Efendi, A. (2022). Pengaruh Tagline “Gratis Ongkir” Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Masyarakat Kota Makassar. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 2(4). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/25985
Section
Artikel
Abstract viewed = 911 times