Pengaruh Stres Kerja Terhadap Turnover Intention Dengan Burnout Sebagai Variabel Intervening Pada PT Cahaya Murni Terang Timur

  • Eka Suhartini Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Nur Zultan Iskandar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

Abstract

Salah satu bentuk prilaku yang dilakukan karyawan akibat gagalnya perusahaan dalam mengelola sumber daya manusia yaitu keinginan untuk berpindah kerja (turnover intention) yang berujung pada keputusan karyawan untuk meninggalkan pekerjaannya. Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui apakah stres kerja berpengaruh secara signifikan terhadap Turnover Intention, 2) untuk mengetahui apakah stres kerja memiliki pengaruh secara signifikan terhadap burnout, 3) untuk mengetahui apakah burnout memiliki pengaruh secara signifikan terhadap turnover intention, 4) untuk mengetahui apakah stres kerja berpengaruh terhadap turnover intention dengan burnout sebagai variabel intervening.

Penelitian ini dilakukan pada salah perusahaan yang ada di Makassar yaitu PT. Cahaya Murni Terang Timur. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang digunakan sebagai alat uji hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada PT. Cahaya Murni Terang Timur yang berjumlah 80 orang pada bagian produksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang diberikan kepada setiap pegawai. Dari hasil penelitian dapat disimpukan bahwa; 1) stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention pada karyawan PT. Cahaya Murni Terang Timur, 2) stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap burnout pada karyawan PT. Cahaya Murni Terang Timur, 3) burnout berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention pada karyawan PT. Cahaya Murni Terang Timur, 4) stres kerja memiliki pengaruh terhadap turnover intention dengan burnout sebagai variabel intervening pada karyawan PT. Cahaya Murni Terang Timur. Berdasarkan dari hasil pengujian analisis jalur diperoleh hasil bahwa burnout dapat memediasi  turnover intention yang menunjukkan bahwa ketika stres kerja terjadi maka karyawan akan cenderung berada pada kondisi burnout yang mengakibatkan karyawan akan memilih untuk meninggalkan organisasi/perusahaan.

           

Kata Kunci :    Stres Kerja, Turnover Intention, Burnout,  Variabel Intervening.

References

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Kiaracondong. 2010.

httpa://www.kajianpustaka.com/2018/02/pengertian-jenis-penyebab-dan-perhitungan-turnover.html. Diakses pada tanggal 14 Juli 2018.

https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab 2/RSI_2014_1_739_Bab 2.Pdf. Diakses pada tanggal 14 Juli 2018.

Malthis R. L, Jackson J. H. Human Ressources Management, Ahli Bahasa. Jakarta: Salemba Empat. 2006.

Fried, Y., Shirom, A., Gilboa, S., dan Cooper, L.C. The Mediating Effects of Job Statisfactionand Propensity to Leave on Role Stress-Job Performance Relationships;Combining Meta Analysis and Structural Equation Modeling. International Journal of Stress Management, Vol 15(4):305-328. 2008.

Handoko. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi ke 14. Yogyakarta: BPFE. 2010.

Mangkunegara, A. P. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2000.

Firth, L., Mellor, D. J., Moore, K. A., & Loquet, C. How can managers reduce employee intention to quit?. Journal of managerial psycology. 19(2), 170-187. 2004.

Leither, M. & Maslach, C. Vanishing Burnout: Six Strategies For Improving Your Relationship With Work. United States of America: Jossey-Bass. 2005.

Robbins and Judge. Organizational Bahavior, 13th Edition. London: Pearson International Edition. 2009.

Rindi Nurlaila Sari. Pengaruh Kepuasan Kerja, Stress Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Pada Hotel Ibis Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. 2014.

Tawiah K. A., Annor F., Arthur B. G. Linking Community Stress To Job Statisfaction And Turnover Intention: The Mediating Role Of Burnout. Journal of Workplace Health, Vol-31, Issue-2 pp 104-123. 2016.

Yunita Rahmawati. Hubungan Antara Stress Kerja Degan Burnout Pada Karywan Bagian Operator PT. Bukti Makmur Mandiri Utama. Jurnal: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Sukarta. 2013.

Weisberg. J. Measuring Workers Burnout And Intention To Leave. International Journal of Manpower. Bradfort: Vol.155, Iss.1. 2016.

Muthi’a Rizki Rahmawati dan Mikhriani. Kepuasan Kerja Dan Burnout Terhadap Intensitas Turnover Pada Karyawan Organik Dan Anorganik di AJB BUMIPUTERA SYARIAH Yogyakarta. Jurnal: Jurusan Manajemen Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2016.

Isra’ Dewi Kuntary Ibrahim. Pengaruh Stress Kerja Terhadap Turnover Intention Yang Dimediasi Oleh Burnout (Study Pada Karyawan Hotel Bintang 4 (empat) Di Kota Mataram. Jurnal: Magister Manajemen Universitas Mataram. 2017.

Maslach, C., Schaufeli, W.B., & Leiter, M.P. Job Burnout.Annual Review of Phsychology. Vol. 52. 2001

Cherniss, C. Staff Burnout: Job Stress in Human Services. London: Sage Publication. 1987.

Hasibuan, MSP. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. 2007.

Rivai and Veithzal. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Edisi 1 (satu). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2004.

Ivancevich, J. Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga. 2006.

Grenberg, J. S. Comphrehensive Stress Management Loth. Edition New York. USA: Mc Graw- Hill Compenies, Inc. 2006.

Hasibuan and H. Melayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi ke 2 (dua). Yogyakarta: BPFE-UGM. 2007.

Oktarini Putri Andini. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Stress Kerja dan Turnover Intention Keryawan. Jurnal: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. 2018.

Ivancevich, Jhon, M, R. Konopaske, Michaiel T. Matteson. Behavior and Organization Management. Person Education, Inc. 2007.

Shaw, Jason D, Delery, Jhone, Jenkins, G. Douglas Jr, Gupta, and Nina. An Organizition-Level Analysis of Voluntary and Involuntary Turnover. Academy of Management Journal, Vol. 41, No. 5, October, PP.511-522. 1998.

Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2014.

Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IMB SPSS 19. Semarang: BP Universitas Diponegoro. 2011

Sudjana dan Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Menagajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2004

Nanang Martono. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Skunder. Edisi Revisi 2. Jakarta: Rajawali Pers. 2014.

Published
2021-02-25
How to Cite
Suhartini, E., & Iskandar, N. Z. (2021). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Turnover Intention Dengan Burnout Sebagai Variabel Intervening Pada PT Cahaya Murni Terang Timur. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 1(3). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/19096
Section
Artikel
Abstract viewed = 640 times