Hubungan antara Daya Tarik Iklan dan Desain Kemasan serta Pengaruhnya terhadap Minat Beli Ulang Wardah Cosmetic yang dimoderasi Brand Image
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara daya tarik iklan dan desain kemasan serta pengaruhnya terhadap minat beli ulang Wardah Cosmetic yang dimoderasi Brand Image. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu daya tarik iklan dan desain kemasan sebagai variabel independen, minat beli ulang sebagai variabel dependen dan brand image sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, yang dimana data primer menggunakan metode pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara online kepada para remaja putri pengguna Wardah Cosmetic yang ada dikota Makassar. Sedangkan untuk data sekunder didapatkan dari jurnal-jurnal serta literature-literatur. Jumlah sampel yang digunakan adalah 126 responden. Dengan menggunakan teknik analisis Statistical Package For Sosial Science (SPSS) 0.24 Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel daya tarik iklan dan desain kemasan berpengaruh simultan dan persial terhadap minat beli ulang dan variabel brand image mampu memoderasi variabel daya tarik iklan dan desain kemasan terhadap minat beli ulang wardah cosmetic
Kata Kunci: Daya Tarik Iklan, Desain Kemasan, Minat Beli Ulang, Brand Image
References
Alfin NF Mufreni.2016. Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus The Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2. No 2
Annafik.2012.”Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Sepada Motor Yamaha”.Manajemen,Universitas Diponegoro.
Atika Wiguna, Suyoto.2016. Analisis Pengaruh Iklan Televisi, Ekuitas Merek Dan Daya Tarik Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Manajemen dan Bisnis Media Ekonomi Vol XVI. No.2
Azhar Nuzul Phaza, Widyastuti, 2014. Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli Produk Fresh Care Melalui BrandImage.Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 2 No. 4
Cholifah, Nike, dkk, 2016, Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand (Survei Pada Konsumen Kosmetik Wardah Di Counter Wardah Kota Malang), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.36 No.1
Cliefen, A.A.S., dkk. 2016.” Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Remaja Jaya Mobilindo Manado.”Jurnal EMBA, Vol.4,No.3,September, 209-221.
Dewa, Ndaru Kusuma.2009.Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli (Studi kasus StarOne di Area Jakarta Pusat). Theis.Semarang:Universitas Diponegoro.
Gusmanto dan Rahman Hasibuan.2014.”Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Galon Merek Aqua(Studi Kasus Pada Mahasiswa Di Kota Batam)”.Jurnal ManajemenVol 1. No.1
Hestyani, Andriana D. dan Astituti Sri R. T. 2017. Analisispengaruh celebrity endorses, daya tarik iklan, kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan brand image sebagai variabel intervening (studi pada konsumen yang menggunakan masker wajah Mustika Ratu di kota Searang . Journalof Management. Vol. 6, No. 2. Hal. 1-11.
Hendarsono, Gersom dan Sugiono Sugiharto. 2013 “Analisis Pengaruh Exprerintial Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Cafe Buntos 99 sidoarjo “Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.1,No.2 2013 1-8 http://www.academia.edu/9588507 di akses pada 20 September 2017.
Husein, Andrio. 2017. Analisis pengaruh iklan dan celebrity endorses terhadap citra merek dalam meningkatkan minat beli shampoo pantene pada masyarakat kota Pekanbaru. JOM Fekon. Vol. 4, No. 1. Hal. 243-256.
Irawan, Mohamad R.N. 2020. Pengaruh Kualitas produk, harga dan promosi terhadap minat beli konsumen pada PT. Satria Nusantara Jaya. Jurnal Ekonomi Universitas Kendiri. Vol. 05, No. 2. Hal. 140-156.
Lidyasuwanti Adiahsari, dkk. 2017. Pengaruh Kemasan Brand Image Dan BrandTrust Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Pancake Durian Sharie Radjanya Di Kota Mataram. Jurnal Magister Manajemen.
Maulana, Roby I. 2018. Pengaruh Awarness, daya tarik iklan terhadap brain attitude Indomie kota Tangel. Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol. 1, No. 3. Hal. 53-70.
Naufal M. Faris. 2014. Analisis Pengaruh Brand Awareness, Norma Subyektif, Keyakinan Label Halal Terhadap Brand Attitude Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Kosmetik Merek Wardah. Manajemen Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. Universitas Diponegoro.
Nilla Wijayasari, Mahfudz.2018. Pengaruh Brand Image, Kualitas, Persepsi Harga Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sarung Gaja Dudu Di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Of Management Vol 7. No 2
Norfiyanti, Kiki. 2012. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Galon Merek AQUA (Studi Kasus Pada Mahasiswa di KotaSemarang)”. Skripsi, Manajemen, Universitas Diponegoro
Nuryati, A.Lena dan Anisa Yunia Rahman. 2008. “Pengaruh Variasi Dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Teh Kotak Ultrajaya.
Nuryanti B. Lena, Rahman Yunia Anisa. 2008. Pengaruh Pariasi Dan Kemasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian The Kotak Ultra Jaya ( Survei Pada Mahasiswa FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia). Jurnal Strategic Pendidikan Manajemen Bisnis, Vol. 7, No. 14.
Prasetyaningtyas, Ika. 2014. “ Pengaruh Ikan dan Kemasan Terhadap Niat Beli Yang Dimediasi Oleh Citra Merek”. Jurnal Ekonomi & Bisnis Vol.8, No.1
Pratama, R Anugerah. 2014. “ Analisis Pengaruh Citra Merek, Daya Tarik Iklan, Dan Harga Terhadap Minta Beli Smartphone Nokia Lumia (Studi Pada Konsumen Smartphone Di Kota Semarang)”. Manajemen, Universitas Diponegoro.
Prawira,Bayu Ni Nyoman Kerti Yasa.2014.Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung di Kota Denpasar.
Putri, Wahyuni Nurindah, 2017. Pengaruh Kemasan, Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Ice Cream Aice di Sidoarjo. Jurnal Manajemen Branchmark Vol 3 No 3.
Savitri, Ida A.P dan Werdana I made. 2018. Pengaruh citra merek, kualitas produk dan persepsi harga terhadap kepuasan dan nilai beli ulang. E-Jurnalr Manajemen Unud. Vol. 07, No. 10. Hal. 5748-5782.
Soebianto, albert. 2014 “Analisis Pengaruh Faktor-faktor Brand Equity Sepeda Motor Merek Honda Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Di Kota Bandun”. E-Journal Graduate Unpar Vol.1,No.1
Sundalangi, Marchelyno.dkk, 2014, Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan dan Potongan Hrga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado, Jurnal Emba,Vol.2 No.1
Suroso, Henrawaan Bayu.2014. Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Mie Sedaap Cup. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 2, No 4.
Syafii, Mochamad dan Yuda P. 2013.”pengaruh variasi produk dan daya beli terhadap tingkat pembelian produk fresh tea di koperasi smpn 3 Gresik”. Jurnal gema ekoNomi vol 2. No 1. 2013.
Wisnu, Effendi. 2018. Pengaruh Inovasi Produk, Kemasan dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Campina di Mini Market Wilayah Kota Kediri. Simkl-Economic Vol 02 No 02.
Yemima. 2012. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Es Krim Magnum (Studi Pada Konsumen Es Krim Magnum Di Surabaya Timur).