Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Selatan

  • Eka Suhartini Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Irsal Nurariansyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi informasi terhadap kinerja pegawai dan kepuasan kerja Sebagai variabel mediasi pada Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Selatan dengan total sampel 100 orang. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan moderat regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara teknologi informasi terhadap kinerja pegawai dan terdapat pengaruh positif signifikan antara teknologi informasi terhadap kinerja pegawai yang dimoderasi kepuasan kerja.

 

Kata Kunci: Teknologi Informasi, Kinerja Pegawai dan Kepuasan Kerja.

References

Cokroaminoto, Membangun Kinerja Melalui Motivasi Kerja Karyawan (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2007).

Jhon. M. Ivancevich, Perilaku dan Manajemen Organisasi, (Jakarta, Penerbit Erlangga, 2006).

Muhammad Suyanto, Pengantar Teknologi Informasi, (Yogyakarta: Andi, 2005).

M. Suyanto, Pengantar Teknologi Informasi untuk bisnis (Andi Offset : Yogyakarta, 2005).

Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen. (Bandung: Alfabeta ,2018).

Mudrajad Kuncoro, Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi : Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis?, (Jakarta : Erlangga, 2013).

Syofian Siregar, Statistika Deskriptif Untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17, (Jakarta: Rajawali Pers, 2016).

Published
2021-07-05
How to Cite
Suhartini, E., & Nurariansyah, I. (2021). Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Selatan. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 2(2). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/21822
Section
Artikel
Abstract viewed = 186 times