Pengaruh Jumlah Followers, Selebriti Endorsemen, dan e-Wom terhadap Minat Beli Pengguna Sosial Media Tik Tok (Studi Kasus Gen-Z Kota Makassar)

  • Nur Aida Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia
    (ID)
  • Ahmad Effendi Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah jumlah followers, selebriti endorsement, dan e-WOM berpengaruh terhadap minat beli pengguna sosial media Tik Tok pada generasi Z Kota Makassar.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z (Gen-Z) di Kota Makassar yang menggunakan aplikasi Tik Tok. Dalam menentukan jumlah sampel diambil dengan menggunakan Rumus Hair, jumlah sampel untuk penelitian ini adalah : n = jumlah indikator × 10. Jumlah indikator dalam penelitian ini ada 13, Berdasarkan rumus tersebut, maka sampel yang diperoleh sebagai berikut: 𝑛 = 13 × 10 = 130 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dengan metode survey, dengan pemberian skor pada kuesioner menggunakan skala likert,  Metode analisi yang digunakan adalah Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil penelitian menujukkan bahwa variabel jumlah followers memiliki pengaruh signifikan terhadap terhadap minat beli pengguna sosial media Tik Tok Generasi Z di Kota Makassar. Variabel selebriti endorsement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap minat beli pengguna sosial media Tik Tok Generasi Z di Kota Makassar. Variabel E-Wom memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap minat beli pengguna sosial media Tik Tok  Generasi Z di Kota Makassar.

Kata Kunci: Jumlah Followers, Selebriti Endorsement, E-Wom dan Minat Beli

Published
2024-12-27
How to Cite
Nur Aida, & Effendi, A. (2024). Pengaruh Jumlah Followers, Selebriti Endorsemen, dan e-Wom terhadap Minat Beli Pengguna Sosial Media Tik Tok (Studi Kasus Gen-Z Kota Makassar). Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 5(4), 21-30. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/50241
Abstract viewed = 12 times