PENGARUH E-TRUST, E-SATISFACTION, PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS, DAN PERCEIVED ENJOYMENT TERHADAP CONTINUANCE INTENTION E-WALLET DI KOTA MAKASSAR

-

  • Rachmat Almu Arrif Univeristas Terbuka Indonesia
    (ID)
  • Yeki Candra Univeritas Terbuka Indonesia
    (ID)

Abstrak

Popularitas e-wallet yang semakin meningkat menjadi kesempatan besar bagi perusahaan penyedia E-Wallet yang kemudian terus bertambah di Indonesia. Penggunaan berkelanjutan setelah periode awal penggunaan menentukan keuntungan dan kelangsungan pemakaian teknologi secara jangka panjang. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh E-Trust, E-Satisfaction, Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness dan Perceived Enjoyment Terhadap Continuance Intention E-Wallet Di Kota Makassar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan uji hipotesis (t-Test, f-Test) yang diolah dengan aplikasi SPSS v.25. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial E-Trust, E-Satisfaction, Perceived Ease Of Use, dan Perceived Usefulness terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keberlanjutan niat menggunakan E-Wallet Di Kota Makassar. Sedangkan Perceived Enjoyment tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keberlanjutan niat menggunakan e-wallet. Namun, secara keseluruhan, semua variabel bebas secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keberlanjutan niat penggunaan e-wallet. Penelitian ini menggarisbawahi bahwa keberhasilan adopsi e-wallet tidak hanya bergantung pada aspek teknologi, tetapi juga pada faktor psikologis dan pengalaman pengguna.

Diterbitkan
2024-12-30
Abstrak viewed = 298 times