DAKWAH DI TENGAH KOMUNITAS MODERN
Abstrak
Sebagai suatu aktivitas, dakwah berupaya mengubah suatu situasi tertentu kepada situasi yang lebih baik menurut ajaran Islam. Dakwah sebagai suatu kegiatan komunikasi keagamaan dihadapkan kepada perkembangan dan kemajuan teknlogi komunikasi yang semakin canggih, memerlukan suatu adapasi terhadap kemajuan itu. Artinya dakwah dituntut untuk dikemas dengan terapan media komunikasi sesuai dengan aneka mad’u (komunikan) yang dihadapi. Salah satu unsur keberhasilan dalam berdakwah adalah kepandaian seorang da’i dalam memilih dan menggunakan sarana atau media yang ada. Dalam menghadapai komunitas modern saat ini, hubungan media dan khalayak yaitu sangat urgen karena media memiliki potensi untuk membentuk berbagai isu publik (khalayak).
Referensi
Al-Qur’an al-Karim.
Abidin, Djamalul. Komunikasi dan Bahasa Daerah, Jakarta: Gema Insani Press, 1996.
Ali, H.A. Mukti. Beberapa Persoalan Agama Dewasa ini, Jakarta: Rajawali Press, 1987.
Anshari, Endang Saifuddin. Pokok-pokok Pikiran tentang Islam, Bandung: CV. Pelajar, 1969
Ahmad, Amrullah Ed., Dakwah Islam dan Perubahan Sosial, Yogyakarta: PLP2M, 1985.
Adi Sasono. Didin Hafiudin, A.M. Saefuddin et. all. Solusi Islam atas Problematika Umat: Ekonomi, Pendidikan dan Dakwah, Jakarta: Gema Insani Press, 1998.
Bachtiar, Wardi. Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, Jakarta: Logos, 1997.
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000.
Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
Effendy, Onong Uchjana. Ilmu komunikasi: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Ghazali, M. Bahri. Membangun Kerangka Dasar Ilmu Komunikasi Dakwah, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1997.
Hasanuddin. Bisry, Ed. Ilmu dan Budaya; Dakwah di Era Informasirmasi, Jurnal No. 3 Des. 1991, Th. XIV, Jakarta: UI Press, 2010.
Ibn Shalih, Al-Mursyid Ali, Mustalzamat al-Da’wah fi al-Ash al-Hadhir, Dar Manshur: Maktabah Layyinah dikutip oleh Asep Kusnawan, Dimensi Ilmu Dakwah, Cet. I; Bandung: Widya Padjadjaran, 2009.
Muhammad Abd al-Fath al-Bayanuni, Al-Madkhal ila ‘ilmi al-Da’wah, Cet. III; Beirut: Risakah Publihers, 2001.
Mulia, APU. Pedoman Dakwah Muballighat Menuju Masyarakat Madani, Jakarta: Korp Wanita Mejelis Dakwah Islam, 2000.
Mulyana, Deddy. Nuansa-nuansa Komunikasi; Meneropong budaya Politik dan Budaya Komunikasi Masyarakat Kontemporer, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999.
al-Qahthani, Said bin Ali. al-Hikmah fi al-Dakwah ila Allah Ta’ala, dialih bahasakan oleh Masykur Hakim. Dakwah Islam Dakwah Bijak. Jakarta: Gema Insani Press, 1994.
Ya’qub, Hamzah. Publisistik Islam, Teknik dakwah & Leadership. Bandung: CV. Diponegoro, 1992.
Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship. permitted to publish their work online in third parties as it can lead to wider dissemination of the work. continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY license receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.