MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT HIASAN DINDING (QUILLING) MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS VIII DI SLBN 1 LIMA KAUM KAB. TANAH DATAR

  • Erni Novianti Universitaa Negeri Padang
    (ID)
  • Damri Damri Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana meningkatkan keterampilan hiasan dinding (quilling) melalui metode pembelajaran tutorial bagi anak kelas VIII tuanrungu. Jenis dari penelitian in ialah penelitian tindakan kelas yang dilaksankan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada setiap siklus ini terdiri dari empat pertemuan. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode tutorial ini dapat meningkatkan keterampilan hiasan dinding quilling bagi anak tunarungu. Adanya peningkatan kemampuan tersebut dibuktikan pada siklus I nilai siswa 33,3 %, 41,6%, 55%, 66% meningkat pada siklus II menjadi 70%, 71%, 83,3%, dan 88%. Temuan pada menelitian ini menunjukan bahwa siswa tunarungu sudah adanya perkembangan dan peningkatan dalam keterampilan hiasan dinding quilling. Sehingga diartikan bahwa meningkatnya kemampuan siswa dalam membuat hiasan dinding (quilling) dengan menggunakan metode pembelajaran tutorial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Erni Novianti, Universitaa Negeri Padang
Jurusan Pendidikan Luar Biasa
Damri Damri, Universitas Negeri Padang
Jurusan Pendidikan Luar Biasa

References

Arikunto, S. (2006). Manajemen Penelitian.Jakarta: PT. Asdi Mahastya.

Damri, D. (2017). Hubungan Self-Efficacy dan Prokrasitinasi Akademik Mahasiswa dalam Menyeselaikan Tugas Perkuliahan. Jurnal Edukasi Bimbingan Konseling, 6(24605794), 74–95.

Frieda Mangunsing. (2014). Psikologi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus. Jakarta: LPSP3 UI

Irwansyah. (2013). Pengaruh Tutorial dalam Pembelajaran Gambar Bangunan di SMK N 3 Yogyakarta, Vol 1. No 1

Magarita Elen Hendrawan. (2013). Kreasi Tirai Dan Hiasan Dindin dari Kain Perca. Jakarta: Gremedia

Siti Wuryani.(2005). Inspirasi dan Kreasi.Surabaya: Trubus Agrisarana

Published
2021-05-18
How to Cite
Novianti, E. and Damri, D. (2021) “MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT HIASAN DINDING (QUILLING) MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS VIII DI SLBN 1 LIMA KAUM KAB. TANAH DATAR”, Inspiratif Pendidikan, 10(1), pp. 67-72. doi: 10.24252/ip.v10i1.16640.
Abstract viewed = 257 times