MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT HIASAN DINDING (QUILLING) MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL BAGI ANAK TUNARUNGU KELAS VIII DI SLBN 1 LIMA KAUM KAB. TANAH DATAR
Abstrak
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana meningkatkan keterampilan hiasan dinding (quilling) melalui metode pembelajaran tutorial bagi anak kelas VIII tuanrungu. Jenis dari penelitian in ialah penelitian tindakan kelas yang dilaksankan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada setiap siklus ini terdiri dari empat pertemuan. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode tutorial ini dapat meningkatkan keterampilan hiasan dinding quilling bagi anak tunarungu. Adanya peningkatan kemampuan tersebut dibuktikan pada siklus I nilai siswa 33,3 %, 41,6%, 55%, 66% meningkat pada siklus II menjadi 70%, 71%, 83,3%, dan 88%. Temuan pada menelitian ini menunjukan bahwa siswa tunarungu sudah adanya perkembangan dan peningkatan dalam keterampilan hiasan dinding quilling. Sehingga diartikan bahwa meningkatnya kemampuan siswa dalam membuat hiasan dinding (quilling) dengan menggunakan metode pembelajaran tutorial.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto, S. (2006). Manajemen Penelitian.Jakarta: PT. Asdi Mahastya.
Damri, D. (2017). Hubungan Self-Efficacy dan Prokrasitinasi Akademik Mahasiswa dalam Menyeselaikan Tugas Perkuliahan. Jurnal Edukasi Bimbingan Konseling, 6(24605794), 74–95.
Frieda Mangunsing. (2014). Psikologi dan Pendidikan Berkebutuhan Khusus. Jakarta: LPSP3 UI
Irwansyah. (2013). Pengaruh Tutorial dalam Pembelajaran Gambar Bangunan di SMK N 3 Yogyakarta, Vol 1. No 1
Magarita Elen Hendrawan. (2013). Kreasi Tirai Dan Hiasan Dindin dari Kain Perca. Jakarta: Gremedia
Siti Wuryani.(2005). Inspirasi dan Kreasi.Surabaya: Trubus Agrisarana