ANALISIS NILAI-NILAI RELIGIUS DAN MULTIKULTURAL PADA BUKU PAKET PAI KELAS II PADA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk menggambar nilai-nilai religious dan multikultural dalam buku teks pendidikan agama Islam di sekolah dasar (SD), dan menjelaskan nilai-nilai multukultural dalam teks buku pendidikan agama islam di sekolah dasar dalam bentuk kegiatan –kegiatan yang bentukya mengekspersikan kebudayaan dan kegamaan. Metode pada penelitian ni adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Peneliti melibatkan sumber datanya yakni buku teks PAI & budi pekerti pada kurikulum 2013, yang diterbitkan oleh Yudistira. Teknik validasi data dalam penelitian ini dilakukan dengan pemeriksaan data yang mencakup kreadibilitas, keabsahan data mengambil keseimpulan Hasil dari penelitian ini adalah bahwa buku teks pendidikan agama islam yang dianalisis sepenuhnya memuat nilai-nilai religious dan multikultural dalam bentk ekpresi aspek kebudayaan. Dengan dibuktikan dengan munculnya suatu ide dalam bukuyang memuat , wujud kebudayaan sebagai dari kegiatan /aktivitas, ini wujud dari sebuah nilai kebudayaan dan yang kedua buku teks PAI di di dalamnya memuat nilai-nilai religious dan multikultural dalam bentuk unsur budaya, yakni terlihat dari sistem pengetahuan, bahasa, teknologi, dan kesenian. Dari hasil analisi buku PAI ini terdapat nilai-nilai multikultural dan religious yaitu nilai kejujuran, nilai tanggung jawab, toleransi, nilai ketuhanan, nilai disiplin, dan nilai kepedulian terhadap orang lain.Downloads
References
Amar, I. (2010, Maret). Studi Normatif Pendidikan Islam Multikultural. ISLAMICA, 04, 323-33. Retrieved from file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/72-Article%20Text-1086-1-10-20170210.pdf
Baihaqi, Y., Qomar, A. H., Dalem, M. F. S., & Apriyanto, S. (2020). Language Use and Personality during Covid-19: Analyses of President Jokowi’s Press Conference. Journal of Talent Development and Excellence, 12(1), 5438–5448.
Creswell, J. W. (2010). Research Design. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dede Rosyada. (2017). Madrasah dan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kencana.
Dimyati, J. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan &Aplikasinya . Jakarta: Kencana .
Hairi, F. (2019). Kompetensi Guru Pendidikan Islam Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Madrasah Aliyah As’adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo. Jurnal Inspiratif Pendidikan, Vol VIII, (2), 195-211.
Ramadona, F. H. (2019). implemtasi pembelajaran multikultural di sekolah dasar di Yogyakarta. stranas, 1-17. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/198407242008122004/penelitian/Artikel+Multikultur+2009.pdf
Rohman, A. (2009). Memahami Pendidikan dan ilmu pendiidkan . Yogyakarta : LaksBang Mediatama .
Satria. (2016). Eksitensi dalam pemeblajaran agama islam dalam membentuk pendidikan multikultural. Jurnal Tabdir Manajemen pendidikan Islam, 04, 32-42. Retrieved from file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/1131-Article%20Text-3246-1-10-20191220.pdf
Semiawan, Conni. (2004). The College of a Multicultural Education In Pluralistic Society The Indonesia Case. Multucultural education In Indonesia and In South East Asia, 40.
Sisdiknas, U. (2018). Undang-Undang Sisdiknas No 20 Thaun 2003. Jakarta: Pustaka Media.
Sunarto Kamanto. (2004). Multikultural Education In school Colleagues In It's Implementation. Jurnal Multikultural Education In Indonesian and south east Asia, 47.
Supardi, a. a. (2014). Pengembangan sistem evaluasi pendidikan agama islam. Jakarta : Diadit Media .
Syah, T., Apriyanto, S., & Nurhayaty, A. (2020). Student’s Prevailing, Confidence, and Drives: LIWC Analysis on Self-Description Text. Advances in Health Sciences Research, 27(ICoSHEET 2019), 295–299. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200723.074
Tohir, M. (2013). Nasionalisme Indonesia Membingkai Pluralitas dalam dalam kedamaian dalam Juhdi setaiwan. Semarang : Aneka Ilmu.
Ubaidillah & Abdul Rozak. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education). Jakarta: Kencana.