PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PERKEMBANGAN SOSIAL AUD BERBASIS KARAKTER MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIPBOOK MAKER

  • Wiwik Okta Susilawati Dharmas Indonesia University
    (ID)

Abstract

Sumber belajar yang berada dalam sebuah jaringan (daring) di kala pandemi covid-19 ini menjadi momentum bagi dosen untuk membantu mahasiswa PAUD Universitas Dharmas Indonesia beradaptasi dengan pembelajaran di era “kenormalan baru” atau “new normal”. Akan tetapi, hal tersebut belum secara maksimal dikembangkan. Sehingga, sampai saat ini mahasiswa belum mendapatkan sumber belajar daring dari dosen, khususnya untuk perkuliahan Perkembangan Sosial AUD. Secara khusus tujuan dari adanya penelitian serta pengembangan ini adalah guna menghasilkan e-modul pembelajaran Perkembangan Sosial AUD berbasis karakter untuk mahasiswa berbantu software flipbook maker. Penelitian ini adalah Research and Development (penelitian berbentuk pengembangan) e-modul Perkembangan Sosial AUD berbasis karakter untuk mahasiswa berbantu software flipbook maker. Penelitian ini menerapkan model ADDIE. Hasil e-modul yang telah dikembangkan dapat diakses pada laman http://online.anyflip.com/iuknb/ixtq/ mobile/index.html. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasannya e-modul yang dikembangkan telah memenuhi standar yang valid, praktis serta efektif. Produk e-modul yang telah memenuhi kriteria valid dapat dilihat dari persentase penilaian oleh ahli bahasa dengan capaian 97,8% (sangat valid), ahli materi yang mencapai 96,7% (sangat valid) dan ahli media yang mencapai 89,7% (sangat valid). Sedangkan produk yang telah memenuhi kriteria praktis berdasar dari penilaian oleh dosen pengampu mata kuliah yang mencapai 100% (sangat praktis) dan penilaian mahasiswa yang mencapai 98,3% sehingga termasuk dalam kategori sangat praktis. Kemudian produk e-modul yang telah memenuhi kriteria efektif berdasar dari hasil belajar mahasiswa dari segi kognitif. Persentase mahasiswa yang mencapai KKM adalah 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Sadikin, A. H. (2020). Pembelajaran di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Asmara, A. P. (2015, February). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Audio Visual tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156-178.

Edi Wibowo, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147-156.

Ismi Laili, G. U. (2019, October). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.

Kokom Komalasari, D. S. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Maharani Ramadhanti, M. S. (2019, January). Pembentukan Karakter dalam Pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time). Jurnal Educate, 4(1), 9-17.

Mona, N. (2020, January-June). Konsep Isolasi dalam Jaringan untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 117-125

Muldiyana, N. I. (2018, April). Pengembangan Modul Cetak Pada Mata Pelajaran Produktif Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 2 Watampone. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(1).

Musyarofah. (2017, Juny). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak ABA IV Mangli Jember Tahun 2016. INJECT: Interdisciplinary Journal of Communication, 2(1), 99-122.

Nurjannah. (2017, Juny). Mengembangan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Keteladanan. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 50-61.

Oktafia Ika Handarini, S. S. (2020). Pembelajaran Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.

Pujiastuti, S. (2020, July 03). Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan Anak. Kedaulatan Rakyat, INSPIRASI UNTUK KEBIJAKAN. Yogyakarta: Survey Meter.

Putry, R. (2018, March). Nilai Pendidikan Karaker Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39-54.

Qalbi Shanaz Anandari, E. F. (2019, July-December). Development of Electronic Module: Student Learning Motivation Using the Application of Ethnoconstructivism-Based Flipbook Kvisoft. Jurnal Pedagogik, 6(2), 417-436.

Riduwan. (2018). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Samiasih, R. (2017). Pengembangan E-module mata pelajaran ilmu Pengetahuan alam pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Jurnal Edcomtech, 2(2), 119-124.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif,Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I. M. (2014). Model Pengembangan Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Published
2021-09-15
How to Cite
Susilawati, W. O. (2021) “PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PERKEMBANGAN SOSIAL AUD BERBASIS KARAKTER MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIPBOOK MAKER”, Inspiratif Pendidikan, 10(2), pp. 1-18. doi: 10.24252/ip.v10i2.23519.
Abstract viewed = 1472 times