PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IX MTS AS’ADIYAH PUTERI 1 SENGKANG KABUPATEN WAJO
Abstrak
The results showed that the influence of teacher exemplary behavior on the morals of grade IX students of MTs As'adiyah Puteri 1 Sengkang, Wajo Regency was very influential. The results of the descriptive analysis of the teacher's example of the morals of class IX MTs As'adiyah students, taking into account 36 students as samples, 17 people or 47.22% of respondents were in the excellent category (SS) from the aspect of visual activity, 11 people or 36 , 11% of respondents were in the good category (S) writing activity, 5 people or 13.8% of respondents were in the unfavorable category (ST) from the aspect of oral activity, 3 people or 8.5% of respondents who were in the no category both (STS) in terms of motor activity. This illustrates that the teacher's example of the morals of grade IX MTs As'adiyah Puteri 1 Sengkang students in Wajo Regency is in the category of strongly agree (SS) 47.22% of the aspects of writing activities.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Abdullah, Boedi. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2012.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Cet. XIII; Jakarta, 2012.
Arifin M. Psikologi dan Beberapa Aspek Kehidupan Manusia. Jakarta: Bulan Bintang, 2005.
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada, 2012.
Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.Jakarta: Reneka Cipta, 2000.
Eko Putro Widoyoko. Evaluasi Program Pembelajaran. Cet. VI; Pustaka Pelajar; Yogyakarta, 2014.
Daradjat, Zakiah.Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Bumi Aksara 1992), h.266.
…….. Agama Islam, Jakarta: Bulan Bintang 1984.
…….. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta, BumiAksara, 2004
Departemen Pendidikan Nasional. Undang Undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Th.2005), Jakarta, Sinar Grafika 2010.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Cet. IV; Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.
Hasan, Iqbal. Pokok-pokok Materi Statistik 1 (Statistik Deskriptif), Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Harun, Rochajat dan Ardianto Elvinaro. Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Ihsan, Hamdadani Fuad. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Jaya, Indra. Statistik Pendidikan.Bandung: Cita Pustaka, 2014.
Kunandar. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi Guru (Jakarta, Raja GrafindoPersada, 2011), h. 54
Kementerian Pendidikan Nasional, Pedoman Sekolah Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta, 2010.
M, Pawit Yusuf.Ilmu Informasi Komunikasi dan Kepustakaan.Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Masyur, Kahar.Membina Moral dan Akhlak Jakarta: PT. RinekaCipta, 1994.
Mulyasa. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru Bandung: Rosda, 2007.
Muri, A. Yusuf.Pengantar Ilmu Pendidikan,. Jakarta, Ghalia Indonesia 1994.
Mukhtar dan Iskandar. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. (Undang-undang Sisdiknas dan Undang-undang tentang Guru dan Dosen, Jakarta, GP Press, 2009
Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2006.
Noer, Hery Aly.Ilmu Pendidikan Islam. Rineka Cipta, Jakarta, 2001.
Prayitno. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2009.
Purwanto Ngalim, Ilmu Pendidikan: Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Pusat Bahasa Depdiknas., Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.
Rahmi Atiqah Amnur”Hubungan Komunikasi Guru dengan Motivasi Belajar Siswal dalam Bidang Studi Fikih Kelas VIII di MTs Al-Fajar Sei Mencirim”, Skripsi, Medan: UIN Sumatera Utara, 2017.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. 7, Jakarta, KalamMulia, 2006.
Qomar, Mujamil.Manajemen Pendidikan Islam.Malang: Erlangga, 2007.
Uhbiyanti, Nur.Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 1999),
Saputri Asih”Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak Siswa di SMP Waskito Pamulang”, Skripsi, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2008.
Saining, Miss Samae“Pengaruh Keteladanan Guru dalam Menanamkan Nilai Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Surakarta”. Skripsi, (Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
Santoso R.A. Komunikasi Sosial. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.
Setyosari Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana, 2013.
Masyur, Kahar. Membina Moral dan Akhlak Jakarta: PT. RinekaCipta, 1994.
Setyo Agus Raharjo”Pengaruh Keteladanan Guru dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Karakter Siswa SMKN 2 Pengasih Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik”, Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2013, h. 65.
Soraya, Ana“ Hubungan Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2015-2016.”, Skripsi, Salatiga: IAIN Salatiga, 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta, 2016.
Sugiyono. Statistik untuk Penelitian. Cet.III ;Bandung: CV Alfabeta, 2002.
………..., Metodologi Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2015.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014.
Sudaryono. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajagrafindo Persada, 2017.
Syakur Nasrul Chaniago.Manajemen Organisasi. Bandung: Ciptapustaka Media Perintis, 2012.
Syalthut, Mahmud Al-Islam Aqidah WaSyari‟ah, Terj. Hery Noer Aly, Bulan Bintang Jakarta,1973.
Syatori, Toto Nasehudin dan Gozali Nanang, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Syukur Kholil, Ilmu Komunikasi (Suatu Pengantar), Medan: IAIN SU, 1994.