APLIKASI MODEL QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN SISWA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan penerapan aplikasi Quantum Teaching Model yang berfokus pada pengembangan kosa kata mata pelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas B1 untuk periode 2018/2019 dalam Studi Program Hukum Ekonomi Syariah (HES) ) di Departemen Syariah Fakultas Studi Islam (FAI) UMI Makassar. Penerapan metode belajar mengajar kuantum telah dilakukan dengan membatasi materi hanya pada subjek pemberitahuan dan kehati-hatian, dan pengumuman dan percakapan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian penyediaan materi yang diajarkan, setelah itu siswa melakukan kegiatan diskusi dan melakukan tugas kelompok atau individu. Langkah selanjutnya adalah siswa menunjukkan atau menunjukkan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Kemudian, langkah terakhir adalah post-test, untuk menentukan pemahaman dan hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa dalam kelompok atau individu mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya. Kemudian kegiatan implementasi Quantum Teaching Model meningkat untuk setiap kegiatan. Itu sama dengan hasil belajar siswa yang meningkat untuk setiap siklus. Oleh karena itu, Quantum Teaching Model dapat disimpulkan sebagai pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
Pengajar Bahasa Inggris dan Pengembangan Kurikulum, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Agama Islam, UMI dan Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia

Referensi

Alqahtani, M. (2015). The importance of vocabulary in language learning and how to be taught. International Journal of Teaching and Education, III(3), 21–34. https://doi.org/10.20472/te.2015.3.3.002

Amrulloh, A. K. (2016). Pengaruh Pemberian Pretest dan Postest Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN Yogyakarta I Tahun Ajaran 2015/2016. https://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%0Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation%2C society and inequalities%28lsero%29.pdf%0Ahttps://www.quora.com/What-is-the

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.

Dirksen, J. (2012). Design For How People Learn. In Design for how people learn (Issue 1). New Riders. www.newriders.com

Dwi Aprilia Astupura, H. Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pokok Cahaya. EduSains, 4(1), 15–27.

Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas Dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Al-Ishlah : Jurnal Pendidikan, 10(1), 89–102.

Hidayat, M. S. (2012). PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN. INSANIA, 17(2), 231–247. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Isnaini, M., & Wigati, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Langkah-Langkah Tandur Terhadap Keterampilan Proses Belajar Siswa Materi Sel Kelas XI Di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. 2(1).

Kearney, M. (2004). Classroom Use of Multimedia-Supported Predict–Observe–Explain Tasks in a Social Constructivist Learning Environment. Research in Science Education, 34(4), 427–453. https://doi.org/10.1007/s11165-004-8795-y

Khasinah, S. (2013). Classroom Action Research. Jurnal Pionir, 1(2), 33–61. https://doi.org/10.17977/um013v1i42017p156

McLeod. (2015). Observation methods. simplypsychology. https://www.simplypsychology.org/observation.html

McNaughton, S., & gagne. (2018). The Conditions of Learning. In Being Skilled. Holt, Rinehart & Winston. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315108490-7

Nishanthi, R. (2018). The Importance of Learning English in Today World. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, 3(1), 871–874. https://doi.org/10.31142/ijtsrd19061

Ramadhani, M. I., & Ayriza, Y. (2019). The effectiveness of quantum teaching learning model on improving the critical thinking skills and the social science concept understanding of the elementary school students. Jurnal Prima Edukasia, 7(1), 47–57. https://doi.org/10.21831/jpe.v7i1.11291

Riduwan. (2009). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kompetensi (Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman, Kompetensi Teknik) Terhadap Kinerja Auditor (Studi Kasus Pada Inspektorat Kabupaten Lamongan). Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Lamongan, 1(1), 67–77.

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65

Santosa, R. B. (2017). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 87–102. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3089

Utomo, A. A., Imron, A., & Syaiful, M. (2017). Pengaruh Penjelasan Guru Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah), 5(8).

W. S. Winkel, S. J. (1984). Psikologi Pendidikan. PT. Gramedia.

Diterbitkan
2020-06-15
Abstrak viewed = 246 times