IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN GURU AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

  • Nurrahmania . UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini berjudul implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran guru agama Islam di SMK Negeri 1 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) merencanakan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran guru agama Islam di SMK Negeri 1 Makassar, 2) Pelaksanaan  pendekatan saintifik dalam pembelajaran guru agama Islam  di SMK Negeri 1 Makassar, 3) hasil proses penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran guru agama Islam di SMK Negeri 1 Makassar.

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan tiga pendekatan yakni sosiologi, fenomenologi dan psikologis. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi untuk dijadikan bahan pengumpulan data. Teknik pengolahan data dilakukan dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data non statistik.

Hasil penelitian pada pembelajaran guru agama Islam di SMK Negeri 1 Makassar dengan menggunakan pendekatan saintifik sudah baik, sebagaimana data dan fakta dilapangan menunjukkan bahwa peningkatan nilai akademik peserta didik sudah melewati nilai KKM yaitu 90%, dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariatif seperti model konstruktivisme, dan model aktif.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Darajat, Zakiyah. Ilmu Guru Islam, Jakarta: Bumi Aksara, Cet.VII, 2008.

Djamarah, Saiful Bahri. Strategi Pembelajaran. Cet. III; Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2014, Cet. 16, 2016.

Iru, La dan La Ode Safiun Arihi, Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran, Yokyakarta: Multi Presindo, 2012.

Nurdiansyah, Musfiqon. “ Pendekatan Pembelajaran Saintifik” Nizamia Learning Center Sidoarjo, Cet. I, 2015.

Mufarokah, Anissatul. Strategi dan Model-model Pembelajaran, STAIN Tulungagung Press: 2013.

Majid, Abdul. Implementasi Kurikulum 2013, Interes Media, Bandung, 2014.

Mushlih, Muhammad. Kecerdasan Emosional Menurut Al-Qur’an, Jakarta; Akbar Media, 2010.

Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu (Teori Praktik dan Penilaian), Ed.1. Cet. 2. Jakarta: Rajawali Pers , 2016

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran:landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Diterbitkan
2020-06-07
Abstrak viewed = 139 times