Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Shalat Fardhu Kelas VII MTs Izzatul Ma’arif Tappina

  • Nurhidayah Suaib Institut Agama Islam Negeri Parepare
    (ID)
  • Buhaerah
    (ID)
  • Firman
    (ID)
Kata Kunci: Pengembangan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada materi shalat fardhu kelas VII MTs Izzatul Ma’arif Tappina. (2) Untuk mengetahui multimedia interaktif berbasis android telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif pada materi shalat fardhu kelas VII MTs Izzatul Ma’arif Tappina. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and development) dengan mengadaptasi model pengembangan oleh Thiagarajn yaitu model 4D (define, design, develop and disseminate). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android pada materi shalat fardhu telah memenuhi (1) Kriteria valid, berdasarkan validasi produk oleh ahli media dengan rata-rata 3,8 dan ahli materi dengan rata-rata 3,6 sedangkan hasil uji coba kelompok kecil menghasilkan rata-rata 3,76 dan uji kelompok besar dengan rata-rata 3,78. (2) Kriteria praktis, berdasarkan hasil observasi pengamatan keterlaksanaan oleh kedua observer memberikan nilai rata-rata 1,79. (3) Kriteria efektif, berdasarkan hasil analisis tes hasil belajar meliputi (a) Hasil Uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi 0,001 artinya nilai sig < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, (b) Hasil uji N-Gain dilihat dari skor gain yaitu 0,56 termasuk dalam kategori sedang dengan kriteria pengujian 0,7 > (N-Gain) > 0,3. Adapun hasil analisis aktivitas guru 91,52% termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan rata-rata aktivitas peserta didik 3,50 kategori aktif. Serta hasil analisis angket respon peserta didik diperoleh hasil rata-rata 93%.

Kata kunci: Pengembangan, Multimedia, Pembelajaran, Interaktif, Android, Shalat Fardhu.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Af-idah. Layyinatul. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Batu. Malang. Universitas Islam Negeri Raden Maulana Malik Ibrahim Malang.
Arsyad, Nurdin. 2016. Model Pembelajaran Menumbuh Kembangkan Kemampuan Metakognitif . Makassar: Pustaka Refleksi.
Arsyad. Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Fajri. Khaerul & Taufiqurrahman. 2017. Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4D dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia. Vol. 2. No. 1.
Fikri. Hasnul & Madona. Sri Ade. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru, Anggota IKAPI.
Hamzah. Amir. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan, Research & Development Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil, Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi Anggota IKAPI.
Hartati, Risa. 2016. Peningkatan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP Melalui Peneraoan Model Problem Basic Learning Pada Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal EDUSAINS. Vol. 8. No.1.
Munadi. Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press Group.
Munir. 2012. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Penerbit: Alfabeta.
Nizamuddin. 2020. Penelitian Berbasis Tesis dan Skripsi Disertai Aplikasi dan Pendekatan Analisis Jalur. Medan: Pantera Publishing.
Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan. Jurnal Kreano. Vol. 3. No. 1.
Rosid. Abdul Muhammad. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Pokok Bahasan Zakat Berbasis Android. Salatiga. Institut Agama Islam Salatiga.
Said, Hamdanah. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Virtual Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Madrasah Negeri Kota Parepare. Jurnal Lantera Pendidikan. Vol. 17 No. 1 Juni.
Sugiyono. 2016. Metode Peneltian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Susilana. Rudi & Riyana. Cepi. 2017 Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian , Bandung. Penerbit : CV Wacana Prima.
Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Zainiyati. Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.
Diterbitkan
2024-06-30
Abstrak viewed = 70 times