PENGEMBANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

  • Wahid Tahir Kakanwil Kementerian Agama Sulawesi-Selatan
    (ID)

Abstrak

Increasing human resources is becoming increasingly important for institutions that are used to gain better control through their own business. Institutions should demonstrate that they are able to provide quality education to learners. For every institution, quality is the main agenda and quality improvement is the most important task. Nevertheless, some people think of quality as a concept full of riddles. Quality is regarded as confusing and difficult to measure. Quality in a person's view is sometimes different from that of others. So it is not strange if experts do not have the same conclusions about how to create good and quality institutions. Human resource management in quality improvement aims to change the institution that operates it into a sincere team, without conflict and internal competition, to achieve a single goal, namely to satisfy customers.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

al Attas, Syed Muhamad Naquib Konsep Pendidikan dalam Islam : Suatu Rangka Pikir Pembimbing Filsafat Pendidikan Islam. Cet. I; Bandung: Mizan, 2009.

Daulat P. Tampubolon, Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Abad ke 21. Cet. I; Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama: 2011.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 2008.

Departemen Agama RI, Muqaddimah Al Qur’an dan tafsirnya edisi revisi. Cet. II: Jakarta, Lembaga Percetakan Departemen Agama RI, 2009

Depatemen Agama, Profil Madrasah Masa Depan. Cet. I; Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2006.

E. Mulyasa, Menjadi guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Cet.X; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Kementerian Pendidikan Nasional, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan(PMPTK), Direktorat Tenaga Kependidikan Penilaian Kinerja Guru dan kompetensi evaluasi Pendidikan, th. 2008, h. 1.

M. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1999.

Majlis Pertimbangan dan Pemberdayaan Pendidikan Agama dan Keagamaan (MP3A), Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam, Kementeria Agama RI, Revitalisasi Madrasah dalam Menghadapi Persaingan Global, Jurnal Voleme 1, 2 Maret 2006.

Makbuloh, Dede. Manajemen Mutu Pendidikan Islam, Model pengembangan Teori dan Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu. Cet. I: Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2011

Mantja, William Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan.Cet. I: Jakarta: LIPI, 2000

Nata, Abuddin. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. I; Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Philip Kotler, Marketing Management. Alih bahasa, Agus Hasan. Manajemen Pemasaran, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Cet. I; Jakarta.: PT. Prenhallindo), h.36.

Pius A. Partanto dan M Dahlan al Barry, Kamus llmiah Poputer Surabaya: Arkola, 1994.

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. Cet. II; Jakarta: Kalam Mulia, 1998.

Shaleh, Abdul Rahman Penyelenggaraan Madrasah. Cet. II; Jakarta: Dharma Bakti, 2013.

Soetjipto, Budi W., dkk., Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia Cet. II; Yogyakarta: Amara Book, 2012.

Sondang P. Siagian, Filsafat Administrasi Cet. I; Jakarta: Gunung Agung, 1979. 18.

Supriyadi, Dedi. Mengangkat citra dan martabat Guru. Cet. I; Yogyakarta: Adicipta Karya Nusa, 1998.

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Cet.I; Jakarta: Kencana, 2009.

Diterbitkan
2017-10-14
Abstrak viewed = 2974 times