Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik pada Era Society 5.0 di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Watansoppeng

  • Muhammad Muhaimin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Amri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Rusmin B
    (ID)
Kata Kunci: Implementation, Character Education, Society Era 5.0

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui perencanaan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik pada era society 5.0 di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Watansoppeng, 2) untuk mengetahui pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik pada era society 5.0 di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Watansoppeng, 3) untuk mengetahui evaluasi nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik pada era society 5.0 di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Watansoppeng. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang mengambil lokasi di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Watansoppeng. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi dan wawancara dengan analisis data meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verifications). Keabsahan data dilakukan dengan uji triangulasi data. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa; 1) Perencanaan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik pada era society 5.0 di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Watansoppeng adalah sangat baik, perencanaan dilakukan melalui rapat dan melibatkan seluruh pendidik dalam menyusun perencanaan; 2) Pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik pada era society 5.0 di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Watansoppeng dengan karakter religius, peduli sosial, kreatif, rasa ingin tahu, cinta damai, dan bersahabat dapat dikatakan tidak maksimal, sebab pelaksanaan tidak berjalan sesuai dengan perencanaan sebelumnya; 3) Evaluasi nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik pada era society 5.0 di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Watansoppeng. Dalam hasil penelitian, evaluasi yang dilakukan oleh madrasah dan pendidik telah dilakukan dengan baik, untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan nilai-nilai pendidikan karakter dapat diimplementasikan peserta didik di dalam kelas maupun di luar kelas.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abidah, dkk., “Tantangan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Society 5.0”, Jurnal Islamika, vol. 7 no. 2 (Juni 2022), h. 770. https://jipp.unram.ac.id /index.php/jip /article/download /498/384/2491 ( Diakses 18 Februari 2023)
Akhmad Saebani, Beni. Metode Penelitian (Bandung: Pustaka Setia 2008)
Ali, Zainuddin. Pendidikan Islam (Cet. II; Jakarta Bumi Aksara, 2008)
Amri, Sofan, Dkk., Implementasi pendidikan karakter dalam Pembelajaran (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011)
Ardy Wiyani, Novan. Konsep Praktik, & Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)
Dista Pratama, Enggar. “Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMK Negeri 2 Pengasih”, Skripsi (Yogyakarta: Fak. Teknik, 2018)
Hadi Putra, Pristian. “Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0”, Jurnal Islamika, vol. 19 no. 2 (Desember 2019), h. 107. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index. php/islamika/article/download/458/328/1898 ( Diakses 18 Februaru 2023)
Handayaningrat, Soewarno. Pengantar Studi dan Administrasi (Jakarta: Haji Masagung, 1988)
Hidayat, Syarif. “Al-Quran dan Tantangan Era Society 5.0”, Jurnal Saliha, vol. 3 no. 2 (Juli 2020), h. 3. https://staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php /saliha/article /download /77 /64/130 (Diakses 19 Februari 2023)
Isna Aunillah, Nurla. Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter (Cet. I; Jakarta: Laksana, 2011)
Kurniawati, Weni. “Desai Perencanaan Pembelajaran”, Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman 7, no. 1 (Juni 2021)
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaka Rosdakarya, 2014)
Lickona, Thomas. Educating for Character, ter. Lita S, Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Peserta didik Menjadi Pintar dan Baik (Cet. I; Bandung:Nusamedia, 2013)
Ma’ruf Asmani, Jamal. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Cet. IV; Jogjakarta: Diva Press, 2012)
Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Perspektif Islam (Cet. II; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012)
Marsha Elapuspita, Pritha, dkk. “Penerapan Sistem Penilaian E-Kinerja di Sekretariat Daerah Kota Surakarta” Jurnal Informasi dan Komunikasi Aministrasi Perkantoran 5, no. 2 (Mei 2021)
Maulana, Dwi dan Azizu Rahmi. “Metaverse: Media Pembelajaran di Era Society 5.0 untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan”, Jurnal of Pedagogy and Online Learning, vol 1 no. 2 (30 September 2022) https://jpol.ppj.unp.ac.id/index.php/jpol/article/view/17/14 (Diakses 15 Maret 2023)
Nur Faridah, Tsana, dkk., “Meningkatkan Karakter Generasi Muda di Era 5.0 Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan”, Jurnal Pendidikan Tambusai 5, No. 3 (2021)
Nurdin dan Usman, Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum (Jakarta: Grasindo, 2002)
Pius A Partarto dan M. Dahlan Al-Barry, Kamus Ilmiah Populer (Surabaya: Arloka, 2011)
Rahadian Pradipta, Rizaldy. “Masyarakat Baru, 5.0”, Official Website of Rizaldy Rahadian Pradipta, https://www.qureta.com/post/masyarakat-baru-5-o (18 Februari 2023)
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Cet. IX; Jakarta: Kalam Mulia, 2011)
Republik Indonesia, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Cet. I; Yogyakarta: Laksana, 2012)
Setiawan, Guntur. Implementasi pada Birokrasi Pembangunan (Jakarta: Balaia Pustaka, 2004)
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Cet. XXII; Bandung: Alfabeta, 2015)
Sulistiyani, Evaluasi Pendidikan, (Surabaya: Paramita, 2009)
Syaifuddin, Design Pembelajran dan Implementasi (Ciputat: Quantum Teaching, 2006)
Syarbini, Amirullah. Buku Pintar Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Anak di Sekolah, Madrasah, dan Rumah (Cet. I; Jakarta: As-Prima, 2012)
Usmaedi, “Education Curriculum for Society 5.0 in The Next Decada”, Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudi 4, No. 2 (Januari 2021)
Utsman, Kahar dan Nadhirin, Perencanaan Pendidikan (Kudus: STAIN Kudus, 2008)
Diterbitkan
2024-06-26
Abstrak viewed = 186 times