Persepsi Peserta Didik terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Masa Covid 19 di MAN 1 Kota Makassar

  • Syahruddin Usman
    (ID)
  • Muhammad Safei
    (ID)
  • Ibrahim A UIN ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
Kata Kunci: Persepsi, Kinerja Guru, Covid 19

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru PAI, persepsi peserta didik terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 1 Kota Makassar selama masa COVID-19. Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran daring, serta solusinya. Penelitian ini penelitian kualitatif dengan  menggunakan pendekatan kualitatif dan pedagogik. Sumber datanya adalah kepala MAN 1, guru pendidikan agama Islam dan peserta didik. Instrumen utamanya adalah peneliti kemudian dikembangkan dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan format dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya digunakan pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru PAI pada masa covid 19 adalah baik dilihat dari sisi kelengkapan administrasi pembelajaran, pelaksanaannya dan evaluasinya. Persepsi peserta didik terhadap kinerja guru PAI di MAN 1 Kota Makassar selama masa COVID-19 cukup beragam. Namun demikian lebih banyak peserta didik mengatakan guru PAI memiliki kinerja yang baik menggunakan berbagai strategi dan metode untuk membelajarkan peserta didik dengan menghadirkan pembelajaran yang menarik dan efektif secara daring. Guru PAI juga mampu memberikan dukungan emosional dan sosial, memastikan keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran, meskipun dalam situasi     yang sulit. Solusi mengatasi hambatan pembelajaran daring, guru membuatkan film/video pembelajaran, guru memberikan tugas mandiri setiap peserta didik dan menyerahkan tugasnya tepat waktu sesuai kesepakatan bersama.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aji, Wahyu dan Dewi, Fatma. (2020). “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmu Pendidikan
Andri, Yustinus. (2020). https://m.bisnis.com/amp/read/20200330/15/1219887/apa-itupembatasan-sosialskala-besar-sesuai-uu-kekarantinaan-kesehatan.
Bateman, Thomas. (1992). Seni Ilmu dan Seni Manajemen Bisnis dan Kinerja. Jakarta : Elex Media, Kompotindo.
Bilfaqih, Yusuf dan Qomaruddin, M. Nur. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring (Panduan Berstandar Pengembangan Pembelajaran Untuk Pendidikan dan Penelitian). Yogyakarta: Deepublish.
Sadikin, Ali dan Hamidah, Afreni. (2020) “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic)”. Jurnal Ilmiah Biologi, Vol.6 No. 02
Sembiring, Anastasia Br, and Roswita Oktavianti. (2021). Persepsi Siswa SMA selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. Koneksi 5.1
Sudjana, Nana. (2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Uno, Hamzah B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Wahab, Rohmalina. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Diterbitkan
2024-06-28
Abstrak viewed = 69 times