Perspektif Bisnis Syariah Pada Jasa Transportasi Online Go-Jek di Makassar

  • Abd Rizal UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
  • Amiruddin K Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Irwan Misbach Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi layanan transportasi online terhadap konsumen dan ojek pangkalan, serta kaitannya dengan perspektif bisnis syariah pada jasa transportasi online Go-Jek. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam pandangan pengemudi ojek pangkalan, kehadiran jasa transportasi online Go-Jek berdampak pada penurunan pendapatan pengemudi ojek pangkalan. Sedangkan bagi konsumen, kehadiran ojek online Go-Jek memberikan manfaat dan kemudahan dengan berbagai jenis layanannya. Adapun perspektif bisnis syariah dari jasa transportasi online Go-Jek secara umum dinilai telah menjalankan konsep bisnis syariah yang terdiri dari prinsip dasar bisnis syariah, etika bisnis syariah dan tujuan bisnis syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ma’ruf. 2014. Manajemen Bisnis Syariah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Aedi, Hasan. 2011. Etika Bisnis Islam. Bandung: Alfabeta.

Ali, Mohammad Daud. 2000. Hukum Islam Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam Di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Amiruddin dan Zainal Asikin. 2004. Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Rajawali pers.

Anwar, Ahsani Amalia. 2017. “Online vs Konvensional: Keunggulan dan Konflik antar Moda Transportasi di Kota Makassar”. Etnosia: Jurnal Etnografi Indonesia 2 (2): 220-246.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Renika Cipta.

Asmuni dan Siti Mujiatun. 2016. Bisnis Syariah. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Aula, Muhammad Syakir. 2004. Asuransi Syari’ah Life and General: Konsep dan Sistim Operasional. Jakarta: Gema Insani Press.

Aziah, Ayu dan Popon Rabia Adawia. 2018. “Perkembangan Industri Transportasi Online di Era Inovasi Discruptif (Studi Kasus PT Gojek Indonesia”. Cakrawala-Jurnal Humaniora 18 (2): 149–156.

Basri, Hasnil. 2002. Hukum Pengangkutan. Medan: Kelompok Studi Hukum Fakultas Hukum US.

Binhadi, dkk. 2011. Pedoman Umum Good Governance Bisnis Syariah. Jakarta: Komite Nasional Kebijakan Governance.

Bungin, M Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Emzir. 2011. Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hadi, Surtrisno. 2000. Metodologi Reseach. Jakarta: UGM Press.

Hafidhuddin, Didin dan Hendry Tanjung. 2003. Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Hoetomo. 2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Pelajar.

Kementerian Agama RI. 2013. Al-Qur’an The Great Miracle. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Maidin, Muhammad Sabir. 2012. Ingkar Sunnah/Hadis I: dalam Perspektif Historis. Makassar: Alauddin University Press.

Mardalis. 2004. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexi J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Misbach, Irwan. 2017. “Al-Idarah”. Al Idarah Volume 5: 33 – 44

Nazir. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Ghalia Indonesia.

Nawawi, Ismail. 2012. Fiqih Muamalah: Klasik dan Kontemporer. Bogor: Ghalia Indonesia.

Norvadewi. 2015. “Bisnis dalam Perspektif Islam”. Al-Tijary 1 (1): 35-45.

Sakirman. 2016. “Urgensi Maslahah Dalam Konsep Ekonomi Syariah”. PALITA: Journal of Social-Religi Research 1 (1):17-28.

Salim, Syahrun. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian pendidikan. Jakarta: Kencana.

Shobirin. 2015. “Jual Beli dalam Pandangan Islam”. BISNIS 3 (2): 240-261.

Soekanto dan Mamudji. 2009. Penelitian Hukum Normatif: Suatu Tinjauan Singkat. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syafe’i, Rachmat. 2015. Ilmu Ushul Fiqih. Bandung: Pustaka Setia.

Tarmizi, Erwandi. 2015. Harta Haram Muamalat Kontemporer. Bogor: PT. Berkat Mulia Insani.

Republik Indonesia. 2014. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 74 tentang Angkutan Jalan.

Republik Indonesia. 2019. Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KP 343 tahun 2019 tentang pedoman perhitungan biaya jasa.

Yusuf, A Musri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Published
2020-07-09
How to Cite
Rizal, A., K, A., & Misbach, I. (2020). Perspektif Bisnis Syariah Pada Jasa Transportasi Online Go-Jek di Makassar. Jurnal Iqtisaduna, 6(1), 1-24. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v6i1.11874
Section
Volume 6 Nomor 1 (2020)
Abstract viewed = 766 times