PENGARUH KEPRIBADIAN ENTREPRENEUSHIP ISLAM DAN AKSES INFORMASI TERHADAP STRATEGI BISNIS DAN KINERJA BISNIS USAHA KECIL DI KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung kepribadian entrepreneuship Islam dan akses informasi terhadap strategi bisnis; (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung kepribadian entrepreneuship Islam dan akses informasi terhadap kinerja usaha kecil; dan (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh tidak langsung kepribadian entrepreneuship Islam dan akses informasi terhadap kinerja usaha kecil melalui strategi bisnis.
Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian eksplanatory. Sampel penelitian akan dipilih secara acak sederhana (simple random sampling). penentuan sampel penelitian ini digunakan rumus jumlah sampel minimum dari analisis Struktural Equation Modeling (SEM). Dengan model estimasi mengunakan maximum likehood (ML) maka jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Prosedur pengambilan data dalam penelitian adalah dengan (1) teknik kuesioner; (2) observasi; (3) teknik studi dokumentasi; dan (4) deep interview. Model analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dari paket software statistik AMOS.
Hasil analisis menunjukan bahwa (1) kepribadian entrepreneuship Islam dan akses informasi berpengaruh langsung positif dan signifkan terhadap strategi bisnis; (2) kepribadian entrepreneuship Islam, akses informasi dan strategi bisnis berpengaruh langsung, positif dan signifkan terhadap kinerja bisnis usaha kecil; dan (3) kepribadian entrepreneuship Islam dan akses informasi berpengaruh tidak langsung terhadap kinerja usaha kecil melalui strategi bisnis.
Kata kunci: kepribadian entrepreneuship Islam, akses informasi, strategi bisnis, kinerja usaha kecilDownloads
References
Aaker, D.A. 1995. Building Strong Brands.The Free Press. New York.
Afuah, Allan. 2003. Business Models A Strategic Management Approach. Mc Graw Hill. New York.
Castells, M. 1996. The Rise Of The Network Society. Oxford: Blackwell.
Cragg, P. B., & King, M. 1988. Organizational Characteristics and Small Firms’ Performance Revisited. Entrepreneurship Theory and Practice, Vol. 13, No. 2: 49– 64
Ferdinand, Augusty. 2002. Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen, Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.Semarang
Ghozali, Imam. 2004. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2008. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 16.0, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.
Jauch, Laurence R. dan William F. Glueck .1997. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Erlangga
Miner, J.B., ( 1996 ), Organizational Behavior : Performance and Productivity, USA : Random House Business Divisio
Mulyoutami, E, Stefanus, dkk. 2003. Pengetahuan lokal petani dan inovasi ekologi dalam konservasi dan pengelolaan tanah pada pertanian berbasis kopi di Sumber Jaya Lampung Barat. http://www.worldgroforestrycentere.org
Sedarmayati , 2004, Pengembangan Keribadian Pegawai, Peneribit Mandar Maju Bandung
Siagian. 2000. Fungsi-fungsi Manajerial. Jakarta : Bumi Aksara
Solimun, dan Rinaldo, A. 2009. Permodelan Persamaan Struktural Pendekatan PLS dan SEM Aplikasi Software Smart PLS dan Amos. Laboratorium Statistika FMIPA Universitas Brawijaya Malang
Sukirno, Sadono. 2006. Ekonomi Pembangunan (Proses, Masalah, dan Dasar Kebijaksanaan). Jakarta: Fakultas Ekonomi UI.
Suryana . 2001. Kewirausahaan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Antonio, Muhammad Syafi'i, 2007, Bank Syariah Dari Teori ke Praktik,. Jakarta: Gema Insani.
Turban, D.B dan DW Greening. 1997, Corporate social performance and organizational attractiveness to prospective employees, Academy of Management Journal, Vol. 40 No.3, pp.658-72
Undang-undang Nomor 9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil, usaha kecil