PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROSEDURES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

  • Eka Yulianti STKIP SINGKAWANG
    (ID)
  • Emi Sulistri STKIP Singkawang
    (ID)
  • Haris Rosdianto STKIP Singkawang
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran CUPs terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang.  Jenis penelitian yang digunakan  penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design yang diterapkan pada dua kelompok.  Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri Singkawang sedangkan sampel yang diambil kelas VIII A dan kelas VIII C yang berjumlah 50 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dari analisis dengan menggunakan N-gain, diperoleh peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 0,51 pada kelas eksperimen dengan kategori sedang sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 0,30 ddengan kategori rendah. Dari hasil analisis Uji test median, didapat nilai  6,547 lebih besar dari  3,841 pada dk = 1. Karena  lebih besar dari , maka Ha diterima dan Ho ditolak pada taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil tersebut terdapat pengaruh model pembelajaran CUPs terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi getaran dan gelombang. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CUPs dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astutiningtyas, (2013), Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berdasarkan Teori Konstruktivisme Vigotsky Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar, Jurnal Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Duane, B. T., & Satre, M. E. (2014). Utilizing constructivism learning theory in collaborative testing as a creative strategy to promote essential nursing skills. Nurse Education Today, 34(1), 31–34.

https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.03.005

Facione, P. A. (2013). Critical Thinking What It Is and Why It Counts. California : The California Academic Press, Millbrae, CA.

Fadilla, A. R., Tutut, N. (2017). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Getaran dan Gelombang. E-Jurnal Pensa Vol.5(3).

Gummah, S., Soraya, L. H., Ahzan, S., & Hardariyanti, H. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 2(2).

Handriani, L. S., Harjono, A., Doyan, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3).

Ismawati,F S. E., Nugroho, P., Dwijananti. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Unttuk Meningkatkan Coriosty dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10.

Jannah. (2011). Model Pembelajaran. Gorontalo: Nurul Jannah.Joyce dan Weil. 2009. Models of Teaching:Model-model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kulekci, G., &Esin, K., (2015). Developing Critical Thinking Skills in English Language Teaching Classes Through Novels. International Journal of Language Academy. 3(2), Hal. 76-90.

Kusumawati, I., Kahar, M., S., Khoiri, A., & Mursidi, A. (2019). Differences analysis understanding the concept of students between the three islands (Java, Kalimantan, Papua) through multiple representations approaches to the material of Time

Dilation. International Conference on Physics and Its Applications (ICOPIA).

Mariana, I. M. A., Wandy, P. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Monash University. (2007). Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Diakses 19 Desember 2014. dari situs World Wide Web:

http://monash.edu/education/research/projects/conceptualunderstanding-procedures/

Mukarram, A. A., Hartini, S., & Wati M. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan Media Pembelajaran IPA SMP Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika,2(3), 253–264.

Qudsi, I. (2014). Pembelajaran Tutor Sebaya Materi Besaran dan Satuan Fisika. Dinamika. 4(3), Hal. 1-10.

Rahayu, E.P. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas IV SD Negeri Suka Maju 3 Depok. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Syarif Didayatullah: Jakarta.

Rizkianingsih, Sukisno, M., & Susilo. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Inkuiri pada Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya Kelas VIII MTs.Unnes Physics Educational Journal. 2(3), Hal. 47-53.

Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). The Effectiveness of Model Learning CUPs: Impact on The Higher Order Thinking Skill Students at Madrasah Aliyah Mathla'ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(2), 235-246.

Sarjono. (2017). Internalisasi Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Madaniyah.

Prayitno, B. A., & Sugiharto, B. (2016). Keefektivan Integrasi Sintaks Inkuiri Terbimbing Dan Stad (Instad) Untuk Memperkecil Kesenjangan Keterampilan Metakognisi Siswa Akademik Atas Dan Bawah. Inferensi, 9(2), 305–328. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.305-328

Yildirim, B., & Özkahraman, S. (2011). Critical Thinking in Nursing Process and Education, International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 1(13).

Zetriuslita, Rezi A., & Hayatun, N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 5,(1)

Published
2020-03-02
How to Cite
Yulianti, E., Sulistri, E., & Rosdianto, H. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROSEDURES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(1), 9-17. https://doi.org/10.24252/jpf.v8i1.10693
Section
Articles
Abstract viewed = 623 times