Hubungan Antara Gaya Hidup Modern dan Prinsip Individualisme Terhadap Perilaku Belajar Fisika SMA Negeri 17 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya hidup modern siswa, prinsip individualisme siswa dan perilaku belajar fisikanya serta hubungan antara gaya hidup modern dan prinsip individualisme terhadap perilaku belajar fisika SMAN 17 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup. Hasil analisis deskriptif untuk variabel gaya hidup modern Siswa SMAN 17 Makassar adalah cukup atau sedang dengan nilai sebesar 72,67. Untuk prinsip individualisme siswa adalah redah dengan nilai 50,45.Dan untuk perilaku belajar fisika adalah sedang dengan nilai 57,85. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis korelasi ganda dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Fhitung> Ftabel atau 1650 lebih besar dari pada 3.13 maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat hubungan antara gaya hidup modern dan prinsip individualisme terhadap perilaku belajar fisika SMAN 17 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.
Downloads
References
H.Nurdin, HJ. Rosmini, 2012, Hubungan Antara Gaya Hidup Modern dan Prinsip Individualisme Terhadap Perilaku Belajar Fisika SMA 17 Makassar.
Al-Qur’an dan Terjemahan. Departemen Agama RI. 2000.
Aliah, B Purwakania Hasan. 2006. Psikologi Perkembangan Islam. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada [4] Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2008. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chaplin. 2009. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
F. Budi Hardiman, 2011 Pemikiran-Pemikiran yang Membentuk Dunia Modern. Jakarta: Erlangga.
Netty Hartati dkk, 2004, Islam dan Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ninik, Masruroh dkk, 2011, Modernisasi Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurjan, Syarifan dkk. 2009. Psikologi Belajar. Surabaya: Amanah Pustaka.
Nurul,Zuriah. 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Piotr, Sztompka. 2004. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Prenada Media.
Siregar, Sofyan. 2011. Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta. Rajawali Pers.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.
Tim Penyusun Kamus, 1990 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Balai Pustaka.
Trilling, B. dan Hood, P. 1999. Learning, Technology, and Education Reform in the Knowledge Age or “We’re Wired, Webbed, and Windowed, Now What”? Educational Technology may-June 1999.
Tiro Muhammad Arif, 2000, Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Undang-undang Sisdiknas, 2011, Sistem Pendidikan Nasional. Jakatra: SinarGrafika.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.