Hubungan antara Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal dengan Perilaku Belajar Fisika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Angkatan 2012 UIN Alauddin Makassar

  • Surianti Surianti UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yakni komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal dan perilaku belajar fisika. Komunikasi intrapersonal adalah penggunaan bahasa atau pikiran yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri. Sedangkan komunikasi interpersonal adalah komunikasi antar orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan setiap peserta menangkap reaksi yang lain secara langsung baik secara verbal maupun nonverbal. Sementara itu, definisi dari perilaku belajar fisika adalah aktivitas yang ada pada peserta didik sebagai akibat dari adanya stimulus atau ransangan dalam diri siswa sehingga menyebabkan terjadnya perubahan pada diri terhadap mata kuliah fisika itu sendiri.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menginterpretasikan hubungan komunikasi intrapersonal dan komunikasi interpersonal dengan prilaku belajar fisika mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar angkatan 2012. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu komunikasi intrapersonal dan komunikasi interpersonal sebagai variabel bebas dan perilaku belajar fisika mahasiswa sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar angkatan 2012 sebanyak 137 orang. Adapun sampelnya adalah 30% dari populasi yakni 40 mahasiswa, di mana setiap kelas yaitu kelas fisika 1,2, fisika 3,4, fisika 5,6, dan fisika 7,8 diambil sebanyak 10 orang, yang orang-orangnya ditentukan secara acak karena peneliti menggunakan teknik sampling proporsional random sampling. Untuk memperoleh data mengenai komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, dan perilaku belajar fisika mahasiswa, peneliti menggunakan instrumen angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dan statistik inferensial.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata komunikasi intrapersonal mahasiswa adalah 70,03 (kategori sedang), dan skor rata-rata komunikasi interpersonal adalah 88,32 (kategori sedang), serta skor ratarata perilaku belajar fisika mahasiswa adalah75,85 (kategori sedang) . Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai rhitung adalah 0,783 sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5% adalah 0.3120. Dengan demikian, nilai rhitung lebih besar dari pada nilai rtabel dan hipotesis nihil ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi intrapersonal dan komunikasi interpersonal dengan prilaku belajar fisika mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar angkatan 2012.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Cet. 10; Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Budyatna, Muhammad. 2011. Teori Komunikasi AntarPribadi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grouf. [4] Enjang AS. 2009. Komunikasi Konseling. Bandung: Penerbit Nuansa.

Gassing, Qadir, dkk. 2009.Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Makassar: Alauddin Press Makassar. [6] Liliweri, A. 1991. Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Nazir, Moh. 2003. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia indonesia.

Nurjan, Syarifan, dkk. 2009. Psikologi Belajar. Surabaya: Amanah Pustaka.

Patilima, Hamid. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Purnamari, Ayu. 2007. Hubungan antara Kecerdasan Interpersonal Remaja dengan 129 Efektivitas Komunikasi pada Orangtua. Malang: UIN Malang.

Rakhmat, Jalaluddin. 2001. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Riduwan. 2009. Metode dan Tekhnik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rosmawaty. 2010. Mengenal Ilmu Komunikasi. Bandung: Widya Padjajaran.

Sevilla, Consuelo G, dkk. 1993. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: UI Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya: Jakarta: Rineka Cipta Nurjan, [15] Syarifan dkk. Psikologi Belajar; Surabaya: Amanah Pustaka, 2009.

Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Setiadarma.

Monty P dan Fidelis E. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Uchana, Onong. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. http://en.wikipedia.org/, diakses 31 Oktober 2012).

Published
2013-07-29
How to Cite
Surianti, S. (2013). Hubungan antara Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal dengan Perilaku Belajar Fisika Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Angkatan 2012 UIN Alauddin Makassar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1(2), 129-135. https://doi.org/10.24252/jpf.v1i2.1110
Section
Volume 1 Nomor 2, 2013
Abstract viewed = 11422 times