ANALISIS LINGKUNGAN BELAJAR: METODE MENGAJAR, KURIKULUM FISIKA, RELASI GURU DENGAN SISWA, DAN DISIPLIN SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini membahas tentang analisis lingkungan belajar siswa dengan indikator yang dianalisis adalah metode mengajar, kurikulum, hubungan guru dan siswa, dan disiplin sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif analisis frekuensi dan digabungkan dengan metode kualitatif supaya lebih mendalam. Peneliti mengumpulkan data dengan metode survei menggunakan angket dan observasi. Subjek penelitian adalah 125 siswa dari SMA Ferdy Ferry Putra Jambi dari berbagai kelas, mulai dari X IPA, XI IPA, XII IPA 1 sampai IPA 4 yang dilakukan pada bulan Agustus 2019. Kurikulum yang diterapkan di sekolah sudah baik dengan persentase 58,4%. Disiplin sekolah yang ditetapkan di sekolah sudah baik dengan persentase 57%. Relasi guru dengan siswa di sekolah kurang baik, karena bisa dilihat dari frekuensi gabungan jawaban relasi kurang baik sebesar 53,6%. Metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah cukup baik, karena bisa dilihat dari frekuensi gabungan yang menjawab sudah baik sebesar 52%
Downloads
References
Afandi, M., Chamalah, E., Wadani, O. P., 2013, Model Dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, UNISSULA Press.
Astalini, Darmaji, Kurniawan, D. A., Destianti, A., 2019, Description of the Dimensions Attitudes towards Science in Junior High School at Muaro Jambi, IJSBAR, Vol. 47, pp 1-11.
Astalini, Kurniawan, D. A., 2019, Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA, Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 7, pp 1-7.
Astalini, Kurniawan, D. A., Darmaji, Sholihah, L. R., Perdana, R., 2019, Characteristics of Students’ Attitude to Physics in Muaro Jambi High School. Humanities & Social Sciences Reviews, Vol. 7, pp 91-99.
Astalini, Kurniawan, D. A., Farida, L. Z. N., 2018, Deskripsi Sikap Siswa SMA di Batanghari Berdasarkan Indikator Normalitas Ilmuwan, Adopsi Dari Sikap Ilmiah, Ketertarikan Memperbanyak Waktu, Dan Ketertarikan Berkarir di Bidang Fisika, JRKPF UAD, Vol. 5, pp 73-80.
Astalini, Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., Destianti, A., 2018, Sikap Terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi, Lentera Pendidikan, Vol. 21, pp 214-227.
Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R., Kurniasari, D., 2018, Identification of Student Attitudes toward Physics Learning at Batanghari District High School, The Educational Review, Vol. 2, pp 39-48.
Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R., Pathoni, H., 2019, Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi, Unnes Physics Education Journal, Vol. 8, pp 34-43.
Astalini, Kurniawan, D. A., Putri, A. D., 2018, Identifikasi Sikap Implikasi Sosial Dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, Dan Ketertarikan Berkarir di Bidang IPA siswa SMP se-Kabupaten Muaro Jambi, Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 7, pp 93-108.
Astalini, Kurniawan, D. A., Sari, D. K., Kurniawan, W., 2019, Description of Scientific Normality, Attitudes of Investigation and Interested Career on Physics in Senior High School, Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, Vol. 4, pp 56-63.
Astalini, Kurniawan, D. A., Sumaryanti, 2018, Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari, Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, Vol. 3, pp 59-64.
Azizah, R., Yuliati, L., Latifah, E., 2015, Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), Vol. 5, pp 44-50.
Creswell, J. W., 2012, Educational Research: Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th Edition, Boston, Pearson inc.
Darmaji, Kurniawan, D. A., Parasdila, H., Irdianti, 2018, Description of Science Process Skills’ Physics Education Students at Jambi University in Temperature and Heat Materials, The Educational Review, Vol. 2, pp 485-498.
Darmaji, Kurniawan, D. A. Suryani, A., 2019, Effectiveness of Basic Physics II Practicum Guidelines Based on Science Process Skills, Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, Vol. 4, pp 1-7.
Darmaji, Kurniawan, D. A., Suryani, A., Lestari, A., 2018, An Identification of Physics Pre-Service Teachers' Science Process Skills Through Science Process Skills-Based Practicum Guidebook, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, Vol. 7, pp 239-245.
Darmadi, 2017, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Yogyakarta, Deepublish.
Febriyanti, C., 2014, Peran Minat Dan Interaksi Siswa Dengan Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika, Jurnal Formatif, Vol. 4, pp 245-254.
Fiana, F. J., Daharnis, Ridha, M., 2013, Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling, KONSELOR, Vol. 2, pp 26-33.
Gasong, D., 2018, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta, Deepublish.
Gunawan, Liliasari, 2012, Model Virtual Laboratory Fisika Modern Untuk Meningkatkan Disposisi Berpikir Kritis Calon Guru, Cakrawala Pendidikan, Vol. 31, pp 185-199.
Hardiyanti, K., Astalini, Kurniawan, D. A., 2018, Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di SMA Negeri 5 Muaro Jambi, EduFisika, Vol. 3, pp 1-12.
Hariyadi, B., & Kurniawan, D. A., 2018, Deceiving the Queen: Integrating Jambinese Traditional Honey Gathering into Science Learning, Biodik, Vol. 4, pp 60-76.
Harjali, 2019, Penataan Lingkungan Belajar: Strategi untuk Guru dan Sekolah, Malang, Seribu Bintang.
Ilahi, R., Syahniar, Ibrahim, I., 2013, Faktor Yang Mempengaruhi Pelanggaran Disiplin Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan & Konseling, Konselor, Vol. 2, pp 20-25.
Johar, R., & Hanum, L., 2016, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta, Deepublish.
Katuuk, D. A., 2014, Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatan Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, Vol. 33, pp 13-26.
Khanafiyah, S., & Yulianti, D., 2013, Model Problem Based Instruction Pada Perkuliahan Fisika Lingkungan Untuk Mengembangkan Sikap Kepedulian Lingkungan, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 9, pp 35-42.
Kurniawan, D. A., Astalini, Anggraini, L., 2018, Evaluasi Sikap Siswa SMP Terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi, Jurnal Ilmiah DIDAKTIA, Vol. 19, pp 124-139.
Kurniawan, D. A., Astalini, Sari, D. K., 2019, An Evaluation Analysis of Students’ Attitude Towards Physics Learning at Senior High School, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 23, pp 26-35.
Kurniawan, D. A. Astalini, Susanti, A., Maison, 2018, Attitudes of College Students on the Subject of Mathematical Physics III in Physics Education Program of Jambi University, The Educational Review, Vol. 2, pp 505-513.
Kurniawan, D. A., & Nurlaela, L., 2013, Pengembangan Buku Siswa Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Cornflake Cookies Pada Siswa Tunagrahitasma-Lb Negeri Gedangan, Sidoarjo, E-journal Boga, Vol. 2, pp 6-17.
Kustijono, R., & HM, E. W., 2014, Pandangan Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Fisika SMK di Kota Surabaya, Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA), Vol. 4, pp 1-14.
Laugi, S., 2019, Penerapan Tata Tertib Sekolah Untuk Membangun Disiplin Siswa di SMA Negeri 1 Konawe, Shautut Tarbiyah, Vol. 25, pp 239-258.
Maison, Astalini, Kurniawan, D. A., Sholihah, L. R., 2018, Deskripsi Sikap Siswa SMA Negeri Pada Mata Pelajaran Fisika, Edusains, Vol. 10, pp 160-167.
Mulyadi, M., 2011, Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya, Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol. 15, pp 128-137.
Muslim, & Suhani, A., 2012, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Sekolah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berargumentasi Calon Guru Fisika, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 8, pp 174-183.
Nurwati, A., 2009, Hubungan Antara Interaksi Sosial Siswa Dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Madrasah Ibtidaiyah Se-Kabupaten Gorontalo, Cakrawala Pendidikan, Vol. 28, pp 109-119.
Priyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Sidoarjo, Zifatama Publishing.
Rahayu, W. P., 2012, Sikap Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 18, pp 98-104.
Rizan, M., & Saidani, B., 2012, Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro Survei Konsumen Teh Botol Sosro Di Food Court Itc Cempaka Mas, Jakarta Timur, Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol. 3, pp 1-17.
Rufiana, I. S., 2015, Level Kognitif Soal Pada Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII untuk Pendidikan Menengah, Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3, pp 13-22.
Sarah, S., Maryono, 2014, Keefektivan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal Dalam Pembelajaran Fisika SMA Dalam Meningkatkan Living Values Siswa, Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 2, pp 36-42.
Siagian, Roida E. F., 2015, Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika, Jurnal Formatif, Vol. 2, pp 122-131.
Sitompul, R. S., Astalini, Alrizal, 2018, Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA Di SMAN 9 Kota Jambi, EduFisika, Vol. 3, pp 22-31.
So, H-J., & Brush, T. A., 2008, Student Perceptions of Collaborative Learning, Social Presence and Satisfaction in A Blended Learning Environment: Relationships and Critical Factors, Computers & Education, Vol. 51, pp 318-336.
Sudarsana, I. K., 2018, Optimalisasi Penggunaan Teknologi Dalam Implementasi Kurikulum Di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme), Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 1, pp 8-15.
Suwardi, D. R., 2012, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Bae Kudus, Economic Education Analysis Journal, Vol. 1, pp 1-7.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI, 2007, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung, Imperial Bhakti Utama.
Tanamir, M. D., 2016, Hubungan Minat Terhadap Bentuk Tes Dan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Geografi Di Sma Negeri Kabupaten Tanah Datar, Jurnal Curricula, Vol. 1, pp 41-51.
Wahyudin. S., & Isa, A., 2010, Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 6, pp 58-62.
Yana, E., & Jayanti, R. P., 2014, Pengaruh Lingkungan Sekolah Dan Sikap Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Survei Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 9 Cirebon), Edunomic, Vol. 2, pp 88-94.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.