IMPLEMENTASI STRATEGI WIRITING TO LEARN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM IMPULS

  • Putri Dwi Yunita Universitas Pendidikan Indonesia
    (ID)

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini ialah untuk meneliti keefektifan strategi writing to learn dalam meningkatkan kognitif siswa, peningkatan keterampilan komunikasi siswa, dan hubungan antara kemampuan kognitif dengan keterampilan siswa pada materi Momentum Impuls. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasy eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal dan lembar kerja menulis Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di salah satu SMA negeri di Kota Cimahi. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Data diperoleh dianalisis dengan menggunakan persentase rata-rata gain dinormalisasi, effect size, uji-t, serta analisis regresi dan korelasi analisis sederhana. Hasil penelitian menunjukan Bahwa 1)Strategi writing to learn lebih efektif dalam meningkatkan kognitif siswa pada materi Momentum Impuls dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan startegi writing to, 2) terdapat hubungan antara keterampilan komunikasi dengan peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan kriteria cukup.

Kata kunci: Strategi writing to learn, kemampuan kognitif, keterampilan komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atasoy, S. (2013). Effect of Writing-to-learn Srategy on Undergraduates’ Conceptual Understanding of Electrostatics. Asia-Pasific Edu Res: 22(4) hlm.593-602

Bazerman, C. dkk. (2005). Reference Guide to: Writing Across The Curriculum. Indiana: Parlor Press.

Becker, L. A. (2000). Effect Size (ES) [Online]. Tersedia: http://www.ucss.edu. Diakses pada tanggal 27 November 2019.

Chen, Y. dkk. (2013). The Effect of Writing to Learn Activities on Elementary Students’ Conceptual Understanding: Learning About Force and Motion Through Writing to Older Peers. Wiley Periodicals, Inc, Sci Ed: 97(5) hlm. 745-77

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences Second Edition. New York: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Hake, R. R. (1998). Analyzing Change/Gain. Score. Dept. of Physics, Indian University

Sinaga, dan Suwarma. (2016). Penerapan Strategi Writing to Learn untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Gerak Lurus. Skripsi. Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak diterbitkan

KEMENDIKBUD. (2014). Impelmentasi Kurikulum 2013. Jakarta: KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD. (2017). Pendidikan Karakter Dorong Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad 21. Jakarta: KEMENDIKBUD

KEMENDIKBUD. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Menengah Aliyah. Jakarta: KEMENDIKBUD

Michigan Science Teacher Association. (1987). Writing Across Curriculum. Ann Arbor, Michigan.

Peha, S. (2003). Writing Across the Curriculum. Teaching That Makes Sense, Inc.

Santa, C. M. dan Havens, L.T. (1991). Teaching and Learning Science Through Writing. Science learning: Processes and applications, Newark, DE: International Reading Association.

Sinaga, P. (2014). Meningkatkan Penggunaan Representation Tool pada Pokok Bahasan Gelombang Melalui Writing in The Discipline Activity. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, pendidikan dan Penerapan MIPA, Universitas Yogyakarta, Yogyakarta.

Sinaga, P. (2014). Pengembangan Program Perkuliahan Fisika Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Materi Ajar Calon Guru Menggunakan Multi Modus Representasi. [Disertasi]. Universitas Pendidikan Indonesia: Sekolah Pasca Sarjana.

Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito

Syamsi, K. (2012). Model Perangkat Pembelajaran Menulis Berdasarkan Pendekatan Proses Genre Bagi Siswa SMP. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: 11(2), ISSN 1412-2596.

Solihah, M. D. (2018). Implementasi Strategi Writing to Learn Yang Disisikan Pada Model Pembelajaran Demontrasi Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Kemampuan Menulis Siswa SMA Pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi. Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak diterbitkan.

Young, R.E. (2011). Toward a Taxonomy of “Small” Genres and Writing Techniques for Use in Writing Across the Curiculum. Colorado: The WAC Clearinghouse.

Published
2020-10-05
How to Cite
Yunita, P. D. (2020). IMPLEMENTASI STRATEGI WIRITING TO LEARN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM IMPULS. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(2), 133-139. https://doi.org/10.24252/jpf.v8i2.14259
Section
Articles
Abstract viewed = 332 times