IMPLEMENTASI STRATEGI WIRITING TO LEARN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA SMA PADA MATERI MOMENTUM IMPULS
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini ialah untuk meneliti keefektifan strategi writing to learn dalam meningkatkan kognitif siswa, peningkatan keterampilan komunikasi siswa, dan hubungan antara kemampuan kognitif dengan keterampilan siswa pada materi Momentum Impuls. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasy eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir soal dan lembar kerja menulis Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di salah satu SMA negeri di Kota Cimahi. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Data diperoleh dianalisis dengan menggunakan persentase rata-rata gain dinormalisasi, effect size, uji-t, serta analisis regresi dan korelasi analisis sederhana. Hasil penelitian menunjukan Bahwa 1)Strategi writing to learn lebih efektif dalam meningkatkan kognitif siswa pada materi Momentum Impuls dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan startegi writing to, 2) terdapat hubungan antara keterampilan komunikasi dengan peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan kriteria cukup.
Kata kunci: Strategi writing to learn, kemampuan kognitif, keterampilan komunikasi.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atasoy, S. (2013). Effect of Writing-to-learn Srategy on Undergraduates’ Conceptual Understanding of Electrostatics. Asia-Pasific Edu Res: 22(4) hlm.593-602
Bazerman, C. dkk. (2005). Reference Guide to: Writing Across The Curriculum. Indiana: Parlor Press.
Becker, L. A. (2000). Effect Size (ES) [Online]. Tersedia: http://www.ucss.edu. Diakses pada tanggal 27 November 2019.
Chen, Y. dkk. (2013). The Effect of Writing to Learn Activities on Elementary Students’ Conceptual Understanding: Learning About Force and Motion Through Writing to Older Peers. Wiley Periodicals, Inc, Sci Ed: 97(5) hlm. 745-77
Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences Second Edition. New York: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Hake, R. R. (1998). Analyzing Change/Gain. Score. Dept. of Physics, Indian University
Sinaga, dan Suwarma. (2016). Penerapan Strategi Writing to Learn untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Gerak Lurus. Skripsi. Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak diterbitkan
KEMENDIKBUD. (2014). Impelmentasi Kurikulum 2013. Jakarta: KEMENDIKBUD
KEMENDIKBUD. (2017). Pendidikan Karakter Dorong Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad 21. Jakarta: KEMENDIKBUD
KEMENDIKBUD. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 103 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Menengah Aliyah. Jakarta: KEMENDIKBUD
Michigan Science Teacher Association. (1987). Writing Across Curriculum. Ann Arbor, Michigan.
Peha, S. (2003). Writing Across the Curriculum. Teaching That Makes Sense, Inc.
Santa, C. M. dan Havens, L.T. (1991). Teaching and Learning Science Through Writing. Science learning: Processes and applications, Newark, DE: International Reading Association.
Sinaga, P. (2014). Meningkatkan Penggunaan Representation Tool pada Pokok Bahasan Gelombang Melalui Writing in The Discipline Activity. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, pendidikan dan Penerapan MIPA, Universitas Yogyakarta, Yogyakarta.
Sinaga, P. (2014). Pengembangan Program Perkuliahan Fisika Sekolah untuk Meningkatkan Kompetensi Menulis Materi Ajar Calon Guru Menggunakan Multi Modus Representasi. [Disertasi]. Universitas Pendidikan Indonesia: Sekolah Pasca Sarjana.
Sudjana. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito
Syamsi, K. (2012). Model Perangkat Pembelajaran Menulis Berdasarkan Pendekatan Proses Genre Bagi Siswa SMP. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: 11(2), ISSN 1412-2596.
Solihah, M. D. (2018). Implementasi Strategi Writing to Learn Yang Disisikan Pada Model Pembelajaran Demontrasi Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dan Kemampuan Menulis Siswa SMA Pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi. Departemen Pendidikan Fisika, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung: Tidak diterbitkan.
Young, R.E. (2011). Toward a Taxonomy of “Small” Genres and Writing Techniques for Use in Writing Across the Curiculum. Colorado: The WAC Clearinghouse.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.