IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MATERI GERAK LURUS
Abstract
Kemampuan penalaran merupakan kemampuan penting dan sangat diperlukan untuk memecahkan suatu permasalahan dalam fisika. Untuk memfasilitasi siswa diperlukan suatu metode pembelajaran yang mendukung hal itu. Adanya penelitian ini guna mengetahui seberapa besar pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran siswa kelas X pada materi gerak lurus. Metode pre-eksperimen dengan one group pretest posttest design dan dilakukan kepada siswa kelas X IPA 2 SMAN 2 MEJAYAN yang berjumlah 33 siswa. Sampel ini diambil dari teknik pengambilan sampling convenience sampling. Keseluruhan mendapatkan perlakuan setelah pengerjaan soal pretest dan mengerjakan soal postest setelah diberi perlakuan. Perlakuan yang didapat siswa adalah kegiatan pembelajaran menggunakan problem based learning. Keekektifan metode pembelajaran dapat diketahui dengan melihat hasil analisis N-Gain , serta effectsize pada nilai pretest maupun postest . Instrumen berupa tes, angket respon siswa dan lembar observasi problem based learning.
Downloads
References
Amir, M. (2012). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Grup.
Arends, Richard. (2008). Learning to Teach.Jogjakarta:Pustaka Pelajar
Ardiani, N. F. (2013). Taksonomi Bloom Vs Taksonomi Marzano Dalam Pembelajaran. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Arikunto, s. (2010). dasar dasar evaluasi pendidikan. jakarta: bumi aksara.
Ertikanto, D. C. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ssiswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 283–287. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-fisika/article/view/4979
Milana, L., & Jannati, E. D. (2018). Inovasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Visualisasi Virtual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Matakuliah Fisika Dasar I. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 19. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10933
Mustami, K. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aynat Publishing.
Saharsa, U., Qaddafi, M., & Baharuddin, B. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Based Laboratory Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 57–64. https://doi.org/10.24252/JPF.V6I2A2
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.