SIMULASI GERAK TRANSLASI DAN GERAK MELINGKAR MENGGUNAKAN VBA MACRO EXCEL MELALUI PROJECT BASED LEARNING (PBL)
Abstract
Simulasi interaktif telah banyak digunakan dalam pembelajaran fisika di semua jenjang pendidikan. Namun, sebagian besar simulasi yang digunakan didownload langsung dari internet. Pentingnya keterampilan guru/pengajar fisika dalam membuat simulasi fisika yang interaktif menjadi sebuah kewajiban. Berbagai software dapat digunakan untuk membuat simulasi fisika salah satunya adalah Macro Visual Basic for Application Excel (VBA). Penelitian ini bertujuan untuk membuat simulasi fisika yang interaktif pada konsep gerak translasi dan gerak melingkar menggunakan VBA Excel dengan langkah pengembangan produkmenggunakan PBL Gold Standard are divided into 7 steps, namely Challenging Problem or Questions, Sustained Inquiry, Authenticity, Student Voice and Choice, Reflection, Critique and Revision and Publict Product. Setelah melalui proses pengerjaan proyek maka dihasilkan produk simulasi gerak translasi dan gerak dinamis yang selanjutnya dapat digunakan dalam pembelajaran fisika.
Downloads
References
Swandi, A., Amin, B. D., Viridi, S., & Eljabbar, F. D. (2020). Harnessing technology-enabled active learning simulations (TEALSim) on modern physics concept. In Journal of Physics: Conference Series, 1521 (2). IOP Publishing.
Amin, B. D., & Swandi, A. (2016). Development of Physics Learning Instrument Based on Hypermedia and Its Influence on Concept Comprehension of Physics Student. Proceeding of International Seminar on Mathematics, Science and Computer Science Education (pp. 68-74). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved January 2, 2021
Swandi, A., Hidayah, S. N., & Irsan, L. J. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi Pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto. Jurnal Fisika Indonesia, 18(52), 20-24
A. Fauzi, Pemanfaatan Simulasi Gerak Peluru Dengan Aplikasi Spreadsheet, UNS Press, 2015.
Nurdianto, L. O. Safiuddin, R. Eso. (2020) Simulasi Persamaan Difraksi Fraunhofer Pada Celah Lingkaran dengan Menggunakan Visual Basic for Application (VBA) Spreadsheet Excel, Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, vol. 5, pp. 215-220
I. Z. Pane, Pemanfaatan Microsoft Excel Sebagai Perangkat Pengembangan Prototipe Piranti Lunak Visual, Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi, 2015
F. Arfa, L.M. Rahmad, Simulasi Gelombang Dua Dimensi (2D) pada Membran Lingkaran dengan Memanfaatkan Fitur-Fitur dalam Ms. Excel, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Halu Oleo, 2016.
P. Palloan, A. Swandi, Development of learning instrument of active learning strategy integrated with computer simulation in physics teaching and learning on makassar state university." J. Phys. Conf. Ser,Vol. 1157, No. 3, 2019.
A, Swandi, B. D. Amin, and F. Muin, 21th century physics learning in senior high school through interactive computer simulation to enhance students achievement, International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia. Vol. 3. 2018.
Amalya, E., Rahmad, M., & Syahril. (2017). "Perancangan Visualisasi Gelombang Berbasis VBA Dengan Microsoft Excel Sebagai Media Pembelajaran Fisika Mahasiswa SMA." Jurnal Geliga Sains, 5 (2) pp. 95-103.
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.
Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student's creativity in physics. Cakrawala Pendidikan, (2), 167-179.
Muskania, R. T., & Wilujeng, I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge Dan Meningkatkan Scientific Literacy. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 34-43.
Candra, R., Flaminggo, N., Natalia, A., Yuliza, E., & Khairurrijal, K. (2019). Making Counter Clockwise Analog Thermometer Under Project-based Learning Method. Journal of Physics: Conference Series, (1), 1-7
Buck Institute, What is Project-Based Learning? Retrieved from http://sustainableschoolsproject.org/sites/default/files/What%20is%20Project-Based%20Learning.pdf
Harper, A. (2014). Using Project Based Learning to Develop Student’s Key Competence. Europe: Europe Schoolnet.
Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik tenaga mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44-50.
Sumarni, W. (2015). The strengths and weaknesses of the implementation of project based learning: A review. International Journal of Science and Research, 4(3), 478-484.
Astawa, N.L, Artini, L.P, & Nitiasih, P.K. (2017). Project Based Learning Activities and EFL Students’ Productive Skills in english. Journal of Language Teaching and Research, 8(6), 1147-1155.
Williams, S. (2017). Investigating the allocation and corroboration of individual grades for project-based learning. Studies in Educational Evaluation, 53, 1-9.
See, Y. G., Rashid, A. M., & Bakar, A. R. (2015). The Effect of Project Based Learning on Level of Content Knowledge of Pre-Vocational Subject. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(6 S4), 369-375.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.