PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM LEARNING MODIFICATION

  • Nurfaidah Nurfaidah
    (ID)
  • Suprapta Suprapta Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Muhammad Said Universitas Islam Negeri Alauddin

Abstract

Masalah penelitian ini adalah seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran student team learning modification, seberapa besar hasil belajar siswa tanpa menggunakan metode pembelajaran student team learning modification, dan apakah terdapat penigkatan hasil belajar siswa setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran student team learning modification, dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif. Hasil belajar siswa predikat B sebesar 65 %, sedangkan sebelum diajar dengan menggunakan metode student team learning modification rata-rata hasil belajar siswa predikat B sebesar 90 % dari 31 siswa. Artinya bahwa ada peningkatan perolehan hasil belajar sebelum dan sesudah diajarkan metode student team modification.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdi, Istiqamah. 2016. Efektivitas Penggunaan Metode Hands On Activity Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X SMAN 1 Bontonompo Pada Materi Hukum Newton. Makassar: UIN Alauddin.

Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach: Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Seniati, Liche dkk. 2009. Psikologi Eksperimen. Indonesia: Macana Jaya Cemerlang.

Hamzah, B. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published
2018-03-01
How to Cite
Nurfaidah, N., Suprapta, S., & Said, M. (2018). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM LEARNING MODIFICATION. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 26-30. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1.3118
Section
Volume 5 Nomor 2, 2017
Abstract viewed = 776 times