EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJAR QUANTUM TEACHING DENGAN TEKNIK AMBAK (APA MANFAAT BAGIKU) TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui: 1) Minat belajar peserta didik kelas VIII yang di ajar menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan teknik AMBAK. 2) Minat belajar peserta didik kelas VIII yang di ajar menggunakan model pembelajaran lansung. 3) Perbedaan minat belajar antara model pembelajaran quantum teaching dengan teknik AMBAK dan yang menggunakan model pembelajaran lansung pada peserta didik kelas VIII Desain penelitian yang digunakan adalah the post test only control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Pinrang yang berjumlah 174 orang yang tersebar dalam 7 kelas. Sampel penelitian berjumlah 48 orang yang dipilih dari dua kelas dengan menggunakan matching sampling. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata minat belajar fisika siswa yang diajar dengan model pembelajaran quantum teaching dengan teknik AMBAK sebesar 84,50 dan yang menggunakan model pembelajaran langsung sebesar 79,75. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik untuk minat belajar yang menunjukkan bahwa thitung yang diperoleh sebesar 2,460 dan ttabel sebesar 2,021. Sehingga thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar fisika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model quantum teaching dengan teknik AMBAK dan yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada kelas VIII SMPN 5 Pinrang
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XIII; PT Rineka Cipta: Jakarta.
DePorter, dkk. 2001. Quantum Learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung : Kaifa
DePorter, dkk. 2010. Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning diRuang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Misbahuddin. 2013.Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: BumiAksara.
Sitti Mania. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Makassar: UIN Pres
Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algensindo.
Saefullah. Psikologi perkembangan dan pendidika: Bandung: Pustaka setia ,2012.
Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.