PENGARUH PENERAPAN BRAIN GYM TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA

  • Nilla Sariana
  • Ahmad Afiif UIN Alauddin Makassar
  • Umi Kusyairy UIN Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Brain Gym terhadap minat belajar pada mata pelajaran fisika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pasarwajo Kab. Buton. Jenis penelitian yang digunakan yakni Quasi-Eksperimental Esperated time series Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pasarwajo Kab. Buton yang berjumlah 178 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Convenience Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala minat belajar fisika. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik uji t Paired Samples Test dan uji normalitas Kolmogorov Smirnov. Hasil  penelitian  deskriptif  menunjukkan  bahwa skor rata-rata  minat belajar fisika siswa setelah menggunakan metode Brain Gym mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pengujian analisis  statistik  uji t Paired Samples Test diperoleh nilai sig sebesar 0,00 (p<0,05). Berdasarkan  hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Brain Gym terhadap minat belajar siswa kelas XI SMAN 1 Pasarwajo pada mata pelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrian, Viviyanti. (2005). Hubungan Minat Profesi Pendeta dan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Sekolah Tinggi Theologi HKBP Pematang Siantar. Tesis (Tidak diterbitkan). Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Madhah.

Citra, Lestari dan Margetha Sry Yuliantiningsih. (19 Desember 2013). Using Brain Gym Method Enhance the Early Childhood Concentration the Develoment of Cognitive Aspect. http://www.01-gdl-rochmadagu-566-1-skripsi_-n.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ellis Ormrod, Jeanne. (2008). Educational Pshyhology Developing Learners. Terj. Amitya Kumara, Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tunbuh dan Berkembang. Jilid II; Jakarta: Erlangga.

Frankael, Jack R dan Norman E. Wallen. (2009). How to Design and Evaluate Research in Education. Americas_New York : McGraw-Hill Companies.

Mayura, Evi. (2014). Hubungan Antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI di SD N 20/I Jembatan Mas . Skripsi.

Nisa, Khaerun. (2015). Brain Gym effects on the change of cognitive funtion and insomnia to improve quality of life in elderly in panti tresna werda natar lampung selatan. Jurnal.

Nuryana, A. (2010). Efektivitas Brain Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak. skripsi.

Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan profesionalisme guru. Bandung: CV Alfabeta.

Purwanto, Aryani Nuryana. (2013). Efektivitas Brain Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak. Ilmia Berkala Psikologi Indigenous.Jurnal.

Putranto. (2011). Pengaruh Senam Otak terhadap Fungsi Memori Jangka Pendek Anak dari Keluarga Status Ekonomi Rendah. skripsi (tidak diterbitkan).

Sardiman, A. M. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet. 10 ; Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Setiawan, R. A. (2014). Pengaruh Senam Otak dengan Fungsi Kognitif Lansia Dimensia di Panti Wredha Darma Bakti Kasih Surakarta. Skripsi.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Uzzer Usman, Moh. dan Lilis Setiawati. (2002). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Yuliariatiningsih, C. l. (2013). Penggunaan Metode Brain Gym untuk Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini dalam Aspek Perkembangan Kognitif.

Published
2017-09-01
How to Cite
Sariana, N., Afiif, A., & Kusyairy, U. (2017). PENGARUH PENERAPAN BRAIN GYM TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(2), 82-88. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i2.3207
Section
Volume 5 Nomor 2, 2017
Abstract viewed = 715 times