PENGARUH STRATEGI PEER LESSON TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MA ABNAUL AMIR MONCOBALANG

  • Sitti Zam Zam
  • Umy Kusyairy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hasil belajar fisika yang diajar menggunakan strategi peer lesson dan yang tidak diajar menggunakan strategi peer lesson serta mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar dengan strategi peer lesson dengan siswa yang tidak diajar dengan strategi peer lesson. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar fisika, perangkat pembelajaran dan lembar observasi pelaksanaan strategi peer lesson. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen sebesar 70,33 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 62,4. Sedangkan hasil inferensial yaitu thitung < ttabel sehingga tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan Strategi peer lesson dengan siswa yang tidak diajar dengan strategi peer lesson pada kelas X MA Abnaul Amir Moncobalang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Sani, Ridwan. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 2013.

Al Munawir, Said Agil Husain. Al- Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Pustaka Agung Harapan. 2006.

Abdurahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Runeka Cipta. 2003.

Bloom, Menyamin S. Taxonomy Of Education Objectives. Canada: University Exminer. 1956.

Cut Misni Mulasiwi. Jurnal Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Strategi Peer Lesson dengan Media Ular Tangga. Jurnal Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret. 2013.

Creswell, John. Riset Pendidikan. Yokyakarta: Pustaka Pelajar. 2015.

Djamaah Sopah. Belajar dan pembelajaran. Surabaya : Terbit Terang. 2006.

Fraenkel, Jack and Norman S. Wallen. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill. 2009.

Hugh D. Young dan Roger A. Freedman. Fisika. Jakarta: Erlangga. 2002.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2005.

Juliasnya Noor. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana. 2013.

Maryati. Materi Ajar Strategi Pembelajaran. Makassar: Universitas Muh. Makassar. 2013.

Misbahuddin dan Iqbal Hasan. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara. 2014.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi pustaka Publisher.

Published
2016-03-01
How to Cite
Zam Zam, S., & Kusyairy, U. (2016). PENGARUH STRATEGI PEER LESSON TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MA ABNAUL AMIR MONCOBALANG. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(1), 17-19. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i1.3280
Section
Volume 4 Nomor 1, 2016
Abstract viewed = 258 times